Home » » Kota Tegal Bakal Terima Penghargaan Adipura

Kota Tegal Bakal Terima Penghargaan Adipura

Written By suara rakyat on Wednesday, July 20, 2016 | 11:36 PM

Tegal, (suararakyattegal.com) - Pemerintah Kota Tegal akan menerima penghargaan Adipura berupa Sertifikat Adipura dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya dan Beracun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).
Hal tersebut dibuktikan dengan telah diterimanya Undangan Penyerahan Penghargaan Adipura Nomor UN.127/PSLB3/PS/PLN.0/7/2016 tanggal 15 Juli 2016 yang ditandatangani Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun berbahaya Tuti Hendrawati Mintarsih.
Rencananya penghargaan yang akan diberikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan akan diterima Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial Herlien Tedjo Oetami, SH  didampingi Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Tegal Ir. M. Rudy Hersetyawan, MSi di Lapangan Depan Istana Siak Jl Suotan Syarif Kasim, Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Riau pada Jumat (22/7) mendatang.
Walikota Tegal saat meninjau Gang Seruni Jalan Kemuning Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur, Selasa (19/7) kemarin, menyampaikan kabar gembira tersebut kepada warga Kelurahan Kejambon Kelurahan Tegal Timur.
“Berita gembira bahwa Pemerintah Kota Tegal mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan memperoleh penghargaan Adipura berupa sertifikat. Ahamdulillah, hal ini menunjukkan bahwa Kota Tegal benar-benar peduli terhadap lingkungannya,” sebut Walikota dengan gembira.
Namun Walikota meminta warga Kota Tegal tidak berpuas diri dan jangan berhenti sampai disini, tetapi tetap berprestasi karena tahun depan ada penilaian yang lebih berprestasi. “Untuk itu, tetap dukung pemerintah dan elemen masyarakat karena kita bangun Kota Tegal menjadi kota yang indah,” pesan Walikota.
Untuk itu, Walikota menghimbau warga masyarakat untuk menjaga dan memelihara lingkungan dengan menjaga keindahan, penghijauan dan membuang sampah pada tempatnya.
Kepala KLH Rudy Hersetyawan mengatakan, dengan diterimanya sertifikat Adipura ini berarti ada progres dan penghargaan terhadap kemajuan yang signifikan bagi Kota Tegal yang masuk kategori Kota Sedang. “Berarti penghargaan pemerintah terhadap kerja keras Pemkot yang luar biasa,” jelas Rudy.
Untuk mendapatkan piala Adipura, kuncinya adalah pembangunan TPA Bokong Semar. “Saran dari Ibu Walikota akan membangun TPA,” kata Rudy. Rudy menambahkan, pembangunan TPA Bokong Semar akan dilaksanakan dengan diawali pembangunan jalan akses masuk, sebab lahan TPA Bokong Semar sudah bisa dibangun.
Sementara Kepala DPU Kota Tegal Sugiyanto ST MT pembangunan akses jalan TPA Bokong Semar akan dilaksanakan pada awal tahun 2017 menggunakan APBD Tahun Anggaran 2017, bukan melalui anggaran Perubahan APBD Tahun 2016. “Sebab membutuhkan anggaran yang besar dan waktu yang cukup sehingga dimasukkan tahun anggaran 2017 sebesar Rp. 10 Miliar. Kalau ini khusus untuk jalannya sementara TPA Bokong Semar yang menangani Diskimtaru,” ungkap Sugiyanto.
Akses jalan dibangun Pemkot jika akses Jalingkut belum dibangun kembali. Namun menurut Sugiyanto, ada dua alternatif jalan yang rencana dibangun, kalau diijinkan, pertama tanah yang akses jalan yang dipakai petani ke utara. Kedua yakni akan dibangun jalan tepi tanggul ke utara dengan dilebarkan sesuai kebutuhan sehingga akan dapat dipakai buat persimpangan truck-truck pengangkut sampah. dn(r)

Share this article :