Home » , , » Diduga Tidak Sesuai Bestek Tembok Keliling Makam Ragasela Ambruk

Diduga Tidak Sesuai Bestek Tembok Keliling Makam Ragasela Ambruk

Written By suara rakyat on Monday, September 5, 2016 | 1:43 PM

Tegal, (suararakyattegal.com) - Bangunan tembok keliling makam Ragasela Jalan Jampi Kelurahan Sumur Panggang, Kecamatan Margadana, Kota Tegal ambruk.

Salah seorang warga sekitar lokasi, Eko Wahyudi (45) mengatakan, ambruknya bangunan tembok keliling makam tersebut diduga karena proyek dikerjakan tidak sesuai bestek yang ada dan terkesan asal jadi. 

“Galian pondasi kedalamanya diindikasikan tidak sesuai dengan aturan, karena terlalu dangkal sehingga bangunan tidak mampu menopang beban yang pada akhirnya ambruk,” kata Eko. Belum lama ini.

Eko menjelaskan, selain galian pondasi tembok keliling dangkal, juga penggunaan besi untuk slup bangunan tidak sesuai dengan ukuran. Selain itu, lanjut Eko, bahwa bangunan pada tiap panjang 3 meter tidak terdapat besi untuk penyanggah.

“Diduga campuran/olahan perbandingan antara pasir dengan semen untuk pemasangan pondasi maupun batu bata tembok keliling tidak sesuai aturan dalam RAB. Sehingga kualitas bangunan jelek dan cepat rusak,” tambahnya.

Sementara, Kabid Pertamanan dan Persampahan Dinas Pemukiman dan Tata Ruang (Diskimtaru) Kota Tegal, H Budi Priyanto mengakui, sudah mendapatkan informasi dari warga sekitar makam sejak Mei 2016 kemarin. Bahwa tembok keliling makam Ragasela ambruk. 
“Setahu kami, pembangunan tembok keliling makam Ragasela dikerjakan pada tahun anggaran 2011 dan saat itu kabid yang membidangi bukan saya tetapi saat itu masih dijabat bapak Haryana yang kini menjabat di Dislatan,” ungkapnya. 

Kemungkinan, lanjut Budi, ambruknya tembok keliling tersebut karena pembangunan proyek terkesan dipaksakan. Dalam arti, anggaran pembangunan diduga tidak mencukupi sehingga pekerjaan proyek dikerjakan apa adanya sesuai anggaran. 
“Pembangunan tembok keliling makam tersebut saya tidak tahu persis berapa nilai anggaranya dan juga tidak tahu CV yang mengerjakan proyek tersebut. Silahkan tanyakan saja langsung ke Kabid yang sebelumnya untuk lebih jelasnya,” pungkasnya.(sw/hdb)

Share this article :