Home » , » Badan Litbang Jateng Adakan Pelatihan

Badan Litbang Jateng Adakan Pelatihan

Written By suara rakyat on Wednesday, October 26, 2016 | 7:40 AM

Bumiayu, (suararakyattegal.com) - Desa Kaliwadas Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes yang mayoritas pengrajin rebana, dan diakui oleh Pemda Brebes sebagai central produksi rebana, sehingga para pengrajinnya mendapat perhatian, pembinaan dari Pemda Brebes, maupun Pemprov Jateng. Salah satu bentuk perhatian tersebut diantaranmya dibekali melalui  pelatihan penguatan kelembagaan dan penerapan tehnologi pengembangan inovasi oleh badan Litbang Jateng yang digelar di aula Balai Penyuluhan Pertanian  Desa Kaliwadas Kecamatan Bumiayu, belum lama ini.
Kepala Badan Litbang Jateng, Ir. Teguh Winarno Haroeno MM mengatakan, pengrajin diberikan pelatihan tersebut agar bisa berkembang  maju secara professional dalam usahanya. Mereka dilatih  dengan materi pemasaran, keuangan dan managemen mengolah usahanya, materi ini disampaikan oleh dua dosen Unsoed Purwokerto sebagai nara sumber, katanya usai membuka acara.
“Saya berharap agar pengrajin dapat menerapkan pelatihan ini pada usahanya dan mengelola usaha dengan baik tanpa ada persaingan yang kurang sehat sesama pengrajin”, cetusnya.
Sementara Kepala Desa Kaliwadas H Casnan SH, yang didamping Ketua Kelompok Pengrajin rebana Kaliwadas Chaerul Nur Sholeh menjelaskan, jumlah pengrajin rebana yang ada sekitar 300 lebih, dan pada tahun ini sedang dibangunkan sebuah gedung Pameran rebana  secara permanen dipinggir jalan raya yang merupakan centra rebana sebagai icon di kabupaten Brebes, jelasnya.
Acara ini diakhiri Kepala Badan Litbang Jateng menyerahkan  bantuan 2 buah alat makter kepada Ketua Kelompok Pengrajin Desa Kaliwadas. imam(r)

Share this article :