Home » , » DPU Kota Tegal Respon Inovasi Baru SMK Dinamika

DPU Kota Tegal Respon Inovasi Baru SMK Dinamika

Written By suara rakyat on Thursday, October 27, 2016 | 2:34 AM

Tegal, (suararakyattegal.com) – Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tegal, menyambut dengan baik dan sangat mengapresiasi atas kunjungan dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dinamika untuk presentasi yang notabene telah menemukan hasil karya nyata berupa lampu hias.
Kepala Sekolah SMK Dinamika Suharso Spd MM menjelaskan, dirinya merasa senang sudah dibantu dan berterima kasih telah diberi kesempatan serta disambut hangat oleh Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Kedatangan SMK Dinamika ke DPU, bertujuan untuk presentasi atau audiensi tentang hasil karya nyata anak didiknya, yang telah menciptakan inovasi baru tentang lampu hias.
“Saya merasa bangga dan senang telah dibantu Pemkot Tegal, dan disambut hangat oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tegal”, Cetusnya. Rabu(26/10) kemarin.
Dalam presentasi atau audiensi, SMK Dinamika mempercayakan kepada Irawan Puja Hardjana ST, sebagai pembimbing yang menguasai ilmu tentang lampu hias.
Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sugianto ST, melalui Kabag Bina Marga M.Suharto ST MM, dan Kasie Penerangan Jalan Umum (PJU) Jatmiko ST, dirinya merasa bangga kepada SMK Dinamika. Sekolah tersebut telah menciptakan anak didik yang begitu handal dalam menciptakan hasil karya nyata, berupa lampu hias yang bisa membawa keindahan kota dengan istilah Hendmite yang jarang ditemukan di daerah lain, karena memiliki nilai seni yang tinggi.
Suharto menjelaskan, untuk pembuatan lampu hias diharapkan dapat memberikan nuansa kesejukan kota dimalam hari, dan untuk disiang harinya diupayakan agar tidak begitu mencolok rangka-rangka lampunya, sehingga perlu variasi yang lebih baik lagi, misalnya permainan warna dengan dikasih kertas film sehingga tetap kelihatan indah. Dan juga diharapkan dapat menciptakan sesuatu yang beda tetapi inovasi agar terkesan tidak monoton.
“Saya berharap untuk SMK Dinamika, harus dapat menciptakan sesuatu berbeda tetapi inovasi agar terkesan tidak monoton”, tegasnya. Rabu (26/10) kemarin.
Jatmiko menambahkan, bahwa apa yang telah diciptakan SMK Dinamika merupakan bentuk keberhasilan yang luar biasa, dan ternyata produk-produknya bisa bersaing dengan global. Maka apabila dari daerah sendiri ada yang bisa bikin lampu hias yang dapat bersaing dengan daerah lain, kenapa mesti harus beli di luar daerah, katanya.
Lanjut Jatmiko, untuk hasil karya yang telah diciptakan SMK tersebut, diharapkan agar di design yang sedemikian indah, termasuk juga dengan keamanannya harus menggunakan pipa yang stanlise. Dan juga dalam penempatan lampu hias diharapkan agar tidak mengganggu pengendara, jangan hanya dengan menikmati keindahan lampu hias akhirnya lupa kalau ada kendaraan lain di depannya.
Dan apabila dari Pemerintah Kota Tegal akan membeli hasil karya tersebut, diharapkan harus monumental dengan mencirikan identitas, dan design disesuaikan dengan lokasi yang akan dipasang, misal di pinggir pantai dengan tema suasana air dan kapal, arena olahraga juga dengan suasana olahraga. Harapnya. dn/tio(r)

Share this article :