Home » , » Kampung KB Sebagai Penekanan Jumlah Penduduk

Kampung KB Sebagai Penekanan Jumlah Penduduk

Written By suara rakyat on Tuesday, October 18, 2016 | 11:35 AM

Tonjong, (suararakyattegal.com) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melalui Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Brebes berharap untuk Program Kampung KB yang dicanangkan  sebagai salah satu program pemberdayaan masyarakat setempat, dan sebagai bentuk salah satu komitmennya yaitu untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. 
Sehingga Pemda Brebes mewujudkan  Program kampung Keluarga Berencana (KB) sebelumnya dilakukan lounching di Kecamatan Losari dan kali ini di Kecamatan Tonjong yang dipusatkan di Desa Pepedan dan diresmikan oleh Wakil Bupati, Narjo SH. Senin (17/10) kemarin.
Wakil Bupati Brebes Narjo SH dalam sambutannya, menghimbau untuk tidak menggunakan istilah banyak anak banyak rejeki karena hal itu tidak relavan lagi diera sekarang maka dengan dua anak cukup.
Narjo menambahkan, implementasi program ini bukan hanya penekanan jumlah penduduk melainkan berkolaborasi dengan program lain seperti kependudukan, kesehatan dan keagamaan, katanya.
Adanya Program kampung KB ini tidak menekan angka kelahiran saja tapi juga meningkatkan kualitas dari satu keluarga untuk mendidik anak-anak mereka agar menjadi generasi penerus yang terdidik sehat jiwa raganya, jelas Narjo disela-sela peninjauan lokasi kampung KB.
Sementara Kepala BKBPP Kabupaten Brebes, Drs Khambali MH mengatakan, lounching KB di Kabupaten Brebes sebelumnya dilakukan di Kecamatan Losari dan kemudian di Kecamatan Tonjong. Dari jumlah desa yang ada baru 5 desa yang dijadikan kampung KB ( desa Pepedan, Watujaya, Purwadadi, Purbayasa dan Galuh Timur) dan secara bertahap nantinya seluruh desa akan  dijadikan kampung KB, katanya.
Ditempat yang sama petugas penyuluh BKBPP Kecamatan Tonjong, Susyanto mengatakan, saat ini masyarakat  di tiap desa sudah memiliki kesadaran yang tinggi dalam program keluarga berencana dan terbukti jumlah akseptor baru hingga saat ini tercatat meningkat jumlahnya.
Acara yang berlangsung hingga siang hari tersebut selain wakil bupati juga dihadiri perwakilan BKKBN Jawa Tengah,  Kepala BKBPP Brebes, Muspika, Kades dan Anggota DPRD Fraksi Demokrat Kabupaten Brebes. imam(r)


Share this article :