Home » , » Mengalami Peningkatan, RSUD Bumiayu Syarat Menjadi Type C

Mengalami Peningkatan, RSUD Bumiayu Syarat Menjadi Type C

Written By suara rakyat on Friday, October 28, 2016 | 8:06 AM

Bumiayu, (suararakyattegal.com) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bumiayu Kabupaten Brebes, yang merupakan kebanggan masyarakat kabupaten Brebes bagian selatan dalam waktu dekat akan diusulkan menjadi RSUD Tipe C.
Direktur RSUD Bumiayu, dr Ali Budiarto, mengakui pihaknya akan mengusulkan, RSUD Bumiayu dari tipe D untuk naik kelas menjadi tipe C, ujarnya saat ditemui diruang kerjanya Senin (24/10) kemarin.
Dijelaskan Ali, Kesiapan untuk berubah tipe tersebut seiring dengan bertambahnya fasilitas pelayanan di rumah sakit yang ada di wilayah Brebes bagian selatan, dan diharapkan untuk tahun 2017 nanti RSUD Bumiayu sudah berstatus  Rumah Sakit Tipe C," jelasnya.
Lanjut Ali,  persyaratan untuk menjadi RS Tipe C harus sudah memiliki fasilitas pelayanan spesialistik dasar, diantaranya spesialis dalam, spesialis anak, spesialis bedah serta spesialis kebidanan dan kandungan.
Sementara RSUD Bumiayu telah memiliki fasilitas tersebut, bahkan ada tenaga medis diantaranya spesialis saraf, spesialis jiwa, kulit dan kecantikan termasuk anastesia. Selain itu dengan penambahan sarana gedung yang sedang tahap pembangunan serta penambahan peralatan medis (Alkes), semua persyaratan sudah lengkap sehingga RSUD Bumiayu siap menjadi tipe C, katanya.
Ditambahkan Ali, kondisi RSUD Bumiayu saat ini ketersediaan ruangan dan alat-alat kesehatan (Alkes) untuk pelayanan kesehatan sesuai standar sudah  terpenuhi. Pelayanan juga terus ditingkatkan, diantaranya pelayanan 24 jam untuk spesialis kebidanan dan kandungan.
“Saya merasa kalau Rumah Sakit Daerah Bumiayu untuk menjadi Tipe C sudah pantas karena semua sudah memenuhi syarat dan kriteria”, Katanya.
Lebih lanjut Ali menerangkan, bahwa untuk pelayanan di RSUD Bumiayu jumlah pasien terus meningkat, baik pasien rawat inap maupun pasien rawat jalan. Sehingga dalam sehari dokter spesialis dalam rata-rata melayani lebih dari 50 pasien. RSUD Bmiayu mangalami peningkatan jumlah pasien, dikarenakan adanya kemudahan pelayanan bagi pasien tidak mampu, dengan menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) bagi mereka yang tidak terkafer oleh BPJS, terang Ali. imam(r)


Share this article :