Home » , , , » Diduga Digarap Asal-Asalan Jalan Propinsi Amblas

Diduga Digarap Asal-Asalan Jalan Propinsi Amblas

Written By suara rakyat on Saturday, December 3, 2016 | 12:29 PM

Sirampog, (suararakyattegal.com) - Kondisi jalan provinsi ruas Bumiayu - Kabupaten Tegal, tepatnya di jalur tanjakan Dukuh Pengasinan Desa Sridadi Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes mengalami kerusakan. Pekerjaan yang baru satu minggu setelah rampung digarap oleh salah seorang rekanan kini mengalami amblas karena faktor alam dan juga diduga digarap asal-asalan oleh rekanan. 
Perbaikan jalan yang merupakan harapan warga setempat bahkan setelah rampung diperbaiki, warga menggelar syukuran akan tetapi baru beberapa hari rampung digarap dengan menghabiskan anggaran Milyaran Rupiah, kini mengalami amblas dan retak sekitar 30 Meter.Selain itu sebagian badan jalan ambles dan juga talud beton pengaman di satu sisi jalan juga ikut ambles.
Kepala Desa Sridadi, Nasugiyanto menjelaskan, kondisi jalan yang sering amblas itu baru selesai digarap perbaikan dengan nilai anggaran 3,6 Milyar kembali mengalami pecah dan amblas sejak seminggu lalu. Dengan melihat keprihatinan kondisi keamblasan jalan yang hampir setiap hari terjadi rekahan dari lebar 5 Cm terus bertambah hingga 25 Cm lebih. Manakala tidak segera ditangani dikhawatirkan kondisi jalan tersebut akan melebar mengalami amblas yang lebih parah, ujar Nasugiyanto.
Nasugiyanto mempertanyakan Jalan amblas dan pecah selain karena curah hujan yang tinggi sehingga terjadi pergerakan tanah alias faktor alam dan diduga pula akibat urugan tanah yang kurang padat yang digarap rekanan. Padahal sebelum dilakukan perbaikan jalan yang berkali-kali mengalami amblas dan rusak tersebut juga telah dipasang tiang pancang beton untuk penguat kondisi tanah yang labil, ujar dia sambil heran.
“ Sebelumnya dilakukan perbaikan oleh rekanan sudah ada tiang pancang untuk menguatkan jalan," ujar Nasugiyanto. Baru-baru ini diruang kerjanya. 
Sementara kini penanganan darurat dilakukan oleh pihak terkait, diantaranya dengan menambal dan mengisi rekahan aspal dengan adukan semen.
Camat Sirampog, Munaedi SH membenarkan adanya kondisi jalan tanjakan Pengasinan yang pecah dan ambles tersebut. Pihaknya telah meninjau ke lokasi dan melaporkan kepada pihak terkait.
Menurutnya, pihaknya berharap segera adanya penanganan untuk perbaikan. Mengingat saat ini curah hujan masih cukup tinggi dan dikawatirkan akan memperparah kerusakan pada tanjakan Pengasinan tersebut. Kalau kerusakan makin parah dapat mengganggu aktivitas perekonomian warga," ungkap Munaedi saat ditemui diruang kerjanya Jumat (2/11) kemarin. imam(r)

Share this article :