Home » , » Formasi Jabatan Perangkat Desa Banyak Diminati Masyarakat

Formasi Jabatan Perangkat Desa Banyak Diminati Masyarakat

Written By suara rakyat on Thursday, December 29, 2016 | 1:36 PM

Bumiayu, (suararakyattegal.com) - Lowongan kerja untuk mengisi kekosongan jabatan perangkat desa bakal banyak diminati oleh masyarakat pasalnya mereka menilai kesejahteraan sebagai  perangkat  di desa saat ini sudah mendapat perhatian dari pemerintah berupa tunjangan yang sesuai. Berbeda dari era sebelumnya, tunjangan hanya berupa lahan bengkok yang harus digarap, itupun ada yang bisa digarap dan ada yang sama sekali tidak bisa digarap, hal ini dikatakan Eko Purwanto SP, Sekcam Bumiayu kecamatan Bumiayu
Eko mengatakan, Sebagai perangkat desa yang saat ini mendapat tunjangan yang cukup, namun mereka harus bisa bekerja secara professional dan bertanggungjawab kepada Kepala Desa maupun Pemerintah, ujarnya.
Lowongan di wilayah kecamatan Bumiayu pendaftaran bagi warga yang berminat untuk mengisi lowongan perangkat  desa di 10 desa yang ada di kecamatan Bumiayu, akan di buka awal Januari 2017 mendatang. Jadwal tersebut mundur dari rencana semula yang akan dilaksanakan Desember ini.
Ditambahkannya, kemunduran jadwal pendaftaran perangkat desa tersebut untuk memberikan  kesempatan kepada warga untuk mempersiapkan diri  sekalingus melengkapi berkas-berkas persyaratan yang dibutuhkan.
 ”Meski akan dibuka awal Januari nanti, lowongan pendaftaran perangkat desa ini sudah disosialisasikan oleh masing-masing pemerintah desa,’’ ujarnya saat ditemui diruang kerjanya, Selasa 27/12 kemarin.
Eko menjelaskan, bahwa total ada 23 formasi jabatan perangkat desa yang akan dibuka di 10 desa. Dengan rincian adalah Desa Penggarutan (kadus II, kadus III, staf kasie pelayanan), Dukuhturi (kaur perencanaan), Negaradaha (sekdes, staf kasie pelanyanan, staf kaur perencanan), Laren (sekdes, kaur perencanaan), Kaliwadas ( sekdes, kaur perencanaan, kadus IV), desa Pamijen ( kaur perencanaan, kasie pelayanan, kadus I), Kalisumur (kasie pelayanan, kadus II), Kalilangkap (staf kasie pelayanan) dan Adisana (sekdes, kaur perencanaan).
Menurutnya, pengisian jabatan perangkat desa tersebut mengacu kepada ketentuan Undang¬¬-Undang Nomor 6/2014 tentang Desa dan Permendangri yang mengaturnya. Adapun pengisian perangkat desa akan dilakukan melalui tes tertulis, wawancara, dan praktek.
’’Proses seleksi tersebut sepenuhnya dilakukan oleh tim yang dibentuk oleh desa,’’ujar sekcam.
Adapun persyaratan umum calon perangkat desa diantaranya, pendidikan paling rendah SMA atau yang sederajat, berusia minimal 20 tahun sampai dengan 42 tahun pada saat mendaftar. Selain itu memenuhi syarat¬-syarat teknis lainnya seperti mampu mengoperasikan komputer.
’’Kemampuan di bidang komputer sangat penting karena  saat ini kegiatan di Pemerintahan sudah memakai perangkat  teknolongi informasi,’’ tandasnya.
Sementara di kecamatan Tonjong, pendaftaran formasi kekosongan perangkat desa ada di 6 (enam) desa (Pepedan, Purwadadi, Purbayasa, Rajawetan, Karangjongkeng dan Kalijurang)  telah ditutup 24 desember lalu.
Kasie Pemerintahan Tonjong, Asno SH menjelaskan, pendaftaran formasi perangkat desa telah dilakukan satu bulan yang lalu dan telah ditutup 24 desember kemarin, dan dari ke 6 desa tersebut telah tercatat 50 warga yang mendaftarkan diri, sehingga tinggal pelaksanaan test setelah ada intruksi dari Pemda Brebes, ujarnya. imam(r)





Share this article :