Home » , » Hujan Berkepanjangan Bantarkawung Kembali Dilanda Bencana Longsor

Hujan Berkepanjangan Bantarkawung Kembali Dilanda Bencana Longsor

Written By suara rakyat on Saturday, December 3, 2016 | 11:17 AM

Bantarkawung,(suararakyattegal.com) - Paska musim penghujan yang berkepanjangan berdampak terjadinya bencana longsor dan tanah bergerak seperti yang melanda di Emapt desa, di wilayah Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes.  Ke empat desa tersebut diantaranya Desa Waru, Legok, Sindangwangi, dan Telaga. Akibat curah hujan yang tinggi hingga mengakibatkan tanah longsor dan banyak rumah penduduk yang rusak berat akibat tertimbun longsoran dari tebing, dan selain itu sarana umum maupun jalan desa juga ikut rusak. 
Kasie Trantib Kecamatan Bantarkawung, H Imron mengatakan, bencana yang terjadi  di 4 desa dengan waktu yang bersamaan akibat hujan deras seharian penuh mengguyur diwilayah Kecamatan Bantarkawung, belum lama ini.
Dijelaskan, di Desa Waru ada satu rumah warga di Dukuh Cipojok rusak pada bagian dapur terkena material longsoran bukit setinggi 20 Meter. Adapun delapan rumah lainnya di dukuh itu terancam bahaya longsor susulan, beberapa rumah mereka kini telah dikosongkan dan penghuninya terpaksa mengungsi di rumah kerabatnya. 
Lanjut Imron, di Desa Sindangwangi satu rumah warga juga rusak akibat tanah tempat berdirinya bangunan ambles dan mengalami pergerakan. Akibat longsor pula, jalan utama di Desa Telaga rusak, jalan mengalami retak-retak akibat tanahnya bergerak dan longsor. Hal yang sama juga terjadi di Dukuh Cibirus, Desa Legok, terjadi longsor yang mengakibatkan beberapa rumah warga terancam keselamatannya.  Dengan kondisi tersebut  dari 4 desa tersebut sekitar 23 jiwa warganya telah diungsikan ketempat yang lebih aman, jelas imron saat ditemui diruang kerjanya.
Sementara Camat Bantarkawung Gunarto SIP, membenarkan terjadinya bencana longsor dan tanah bergerak di empat desa dan pihaknya telah meneruskan laporannya ke Pemda Brebes agar segera mendapatkan penanganan. Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, namun diperkirakan kerugian material cukup besar akibat adanya bencana alam ini.
Dan pihaknya telah melakukan upaya penanganan darurat di beberapa titik yang mengalami bencana longsor tersebut. Penanganan darurat dilakukan oleh warga bersama anggota Koramil dan Polsek Bantarkawung dan juga personil Satpol PP. Dengan adanya peristiwa ini pihaknya menghimbau kepada warga agar tetap waspada terhadap bencana susulan, ujarnya.imam(r)


Share this article :