Home » , , » Kesbangpolinmas Kabupaten Brebes Cegah Menjamurnya Penyakit Masyarakat

Kesbangpolinmas Kabupaten Brebes Cegah Menjamurnya Penyakit Masyarakat

Written By suara rakyat on Saturday, December 3, 2016 | 12:03 PM

Bumiayu, (suararakyattegal.com) - Upaya pencegahan menjamurnya penyakit masyarakat (pekat) Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Brebes, menggelar penyuluhan pemberantasan penyakit masyarakat (Pekat) di Aula Kantor Kecamatan Bumiayu.Selasa (29/11) kemarin.
Kepala Kesbangpol Brebes, Komar MSi mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat mengerti dampak negatif dari bahaya pekat, khususnya prostitusi, katanya.
Lebih lanjut dijelasakan Komar, dampak negatif dari penyakit masyarakat seperti miras, prostitusi dan penyalahgunaan narkoba serta lainnya, diantaranya dapat merusak mental anak bangsa, terutama generasi muda yang tentunya juga berdampak pada rusaknya tatanan sosial kehidupan masyarakat. Dan dampak negatif  lainnya dari pekat adalah praktik prostitusi yang menimbulkan penyakit Aids/HIV," ujar Komar. 
Sehingga apabila penyakit masyarakat ini tidak segera dicegah dan diantisipasi dengan sedemikian rupa, tentu sangat membahayakan masyarakat itu sendiri, terutama para generasi muda. 
Komar berharap, masyarakat dan pemuda agar dapat berperan serta membantu pencegahan pekat dilingkungan masing-masing, manakala terrdapat ada perbuatan pekat agar segera melaporkan kepetugas terdekat atau sms ke HandPhone (HP) milik dirinya, pinta Komar. 
Hal senada juga dipaparkan narasumber dari Kepolisian yaitu Waka IPTU Ashari dari Polsek Bumiayu bahwa perilaku penyimpangan adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat, baik yang dilakukan secara sadar maupu tidak. Adapun bentuk-bentuk penyimpangan tersebut, apabila terus berkembang akan menyebabkan penyaklit sosial dalam masyarakat, sementara bentuk-bentuk penyakit sosialpun bermacam-macam, seperti salahsatunya yang sering dijumpai dimasyarakat yakni narkoba, obat-obat terlarang dan minuman keras,ungkap ashari.
Acara penyuluhan Pekat yang bertema peran serta gerakan muda dalam pencegahan pekat dihadiri puluhan masyarakat dan pemuda se-Kecamatan Bumiayu, dan tiga narasumber dihadirkan, yakni dari Koramil Bumiayu, dari Polsek Bumiayu dan dari Kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Brebes. imam(r)

Share this article :