Home » , , » Panwas Kabupaten Brebes Terapkan Aplikasi Gowaslu

Panwas Kabupaten Brebes Terapkan Aplikasi Gowaslu

Written By suara rakyat on Tuesday, December 6, 2016 | 10:54 AM

Brebes,(suararakyattegal.com) - Aplikasi Gowaslu mulai disosialisasikan oleh pihak Panitia Pengawas Pemilihan Umum ( Panwaslu) Kabupaten Brebes sebagai bentuk peningkatan dan pendewasaan dalam melaksanakan pilkada.
Menurut Wakro, salah seorang anggota panitia pengawas pemilihan umum (panwaslu) kabupaten Brebes dalam penjelasaannya menyampaikan, bahwa aplikasi Gowaslu merupakan aplikasi yang dapat digunakan sebagai control ataupun pengawasan dari lapangan yang di berikan oleh masyarakat, dan tak tertutup kemungkinan pengawasan masyarakat terhadap kinerja para anggota panwaslu, jelasnya. Senin(05/12) kemarin.
Ditambahkan pula, dalam aplikasi Gowaslu ada dua bentuk, untuk yang berbentuk aplikasi bulat diperuntukan bagi pelapor, dan yang aplikasi berbentuk kotak untuk pengawas. Dan bagi masyarakat diharapkan untuk berperan menginstal aplikasi tersebut dan mendaftarkan dirinya, sebagai bentuk peran serta dan sumbangsihnya dalam pilkada.
"Masyarakat sudah seharusnya dewasa dalam menyikapi pilkada, dan diharapkan untuk berperan aktif serfta turut mengawasi data masyarakat yang sudah mendaftar, yang nantinya akan di lanjutkan ke provinsi agar setiap laporan atau temuan dapat segera di tindak lanjuti" paparnya.
Keberadaan dan kecepatan dalam penyampaian informasi melalui internet menjadi salah satu langkah dalam mendorong roda pembangunan. Dan hal ini salah satu langkah tepat disaat banyaknya masyarakat pengguna internet dewasa ini.
Menurut Ketua KPU Kabupaten Brebes, Muamar Riza Pahlevi SIP, menyambut baik adanya Aplikasi Gowaslu, karena tidak perlu datang langsung ke Panwaslu apabila ada temuan atau laporan yang ada di lapangan.
“Saya sangat mengapresiasi dengan adanya Aplikasi Gowaslu, dan itu sangat luar biasa” ujar Riza.
Ketua Panwaslu Kabupaten BrebesKuntoro Tayubi Menambahkan, untuk Gowaslu itu sangat diperlukan supaya lebih mudah melakukan pelaporan yang ada di lapangan, agar PPL (Panitian Pengawas Lapangan) langsung menindaklanjuti laporan tersebut. Dan juga sebaliknya segera laporkan apabila ada petugas atau panitia Panwaslu Kabupaten Brebes yang bermain untuk mendukung salah satu calon Bupati dan Wakil Bupati, ujarnya. tio(r)

Share this article :