Home » , , » Peran Penting Masyarakat Sipil Dalam Pilkada

Peran Penting Masyarakat Sipil Dalam Pilkada

Written By suara rakyat on Thursday, December 29, 2016 | 1:29 PM

Bumiayu, (suararakyattegal.com) - Dalam rangka mensukseskan Pilkada Brebes 2017 mendatang, dibutuhkan  peran  dari berbagai pihak salah satunya peran masyarakat sipil diantaranya ( Wartawan, LSM, dan Ormas) yang ada, hal ini diungkapkan Samsul Maarif SPd. MP.d, saat menjadi nara sumber dalam acara sosialisasi yang digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Brebes di RM Sakalibel kecamatan Bumiayu, belum lama ini.

Samsul Maarif  memaparkan, bahwa masyarakat sipil adalah masyarakat yang melek akan hak, kewajiban , tanggung jawab dengan karakteritis yang terbuka, egaliter, bebas dari dominasi dan hegemoni negara, yang memiliki peran strategis dalam membangun demokrasi melalui partisipasi publik dan setiap penentuan kebijakan Pemerintah. Masyarakat sipil juga sebagai pengontrol kekuasaan bukan sebaliknya dikontrol oleh kekuasaan, karena semakin kuat dan efektif kekuatan kontrol tersebut rakyat akan semakin sejahtera.

Tambah Samsul, masyarakat sipil dalam berperan mampu memainkan politik demokrasi secara independen terhadap peserta Pilkada sebagai bagian dari pendidikan politik kebangsaan, yang bukan bagian kekuatan politik salah satu calon yang sedang berkompetisi di Pilkada demi menjaga marwah dan citra gerakan masyarakat sipil, ujarnya.

Sementara ketua KPUD Brebes Muamar Riza Pahlevi mengatakan, pihaknya berharap masyaraklat sipil bisa ikut berperan serta dalam pesta demokrasi di Kabupaten Brebes dan mensosialisasi ke masyarakat untuk bisa hadir dan mencoblos pada 15 Februari 2017 mendatang dimasing-masing TPS, karena seluruh masyarakat Kabupaten Brebes memiliki hak untuk memilih, katanya.

Acara sosialisasi tahapan Pilkada yang digelar KPUD Brebes tahap kedua tersebut diikuti oleh 50 peserta diantaranya Wartawan, LSM, ORMAS, Pemuda dan Pemantau. imam(r)

Share this article :