Home » , , » Hari Amal Bakti Kemenag, 45 ASN Brebes Dapat Penghargaan Presiden

Hari Amal Bakti Kemenag, 45 ASN Brebes Dapat Penghargaan Presiden

Written By suara rakyat on Thursday, January 5, 2017 | 4:27 PM

Brebes, (suararakyattegal.com) - Mengiringi Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-71 tahun 2017, sebanyak 45 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Brebes mendapat Penghargaan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden RI Ir. Joko Widodo.
Penghargaan diserahkan melalui Plt Bupati Brebes Budi Wibowo secara simbolis kepada dua orang ASN saat upacara HAB Kemenag di lapangan MAN 1 Brebes, Jalan Yos Sudarso, Kompleks Islamic Center Brebes, Selasa (3/17) kemarin. 

Budi Wibowo mengapresiasi para pegawai yang sudah menunjukan kinerjanya dengan optimal, bahkan sudah memberikan bukti nyata, menghasilkan karya-karya yang bisa dilihat. Tidak sedikit para ASN Kemenag yang bekerja di Kementerian maupun di Madrasah yang sangat berprestasi. 

Pada upacara HAB Kemenag, Plt Bupati Brebes membacakan sambutan Menteri Kemenag RI Lukman Hakim Saifuddin.  Menteri berharap, seluruh jajaran ASN Kementerian Agama harus senantiasa mengembangkan wawasan serta meningkatkan ketrampilan dan kesigapan dalam bertugas. Egosektoral, sektarianisme, dan sejenisnya harus disingkirkan dari lingkungan kerja Kementerian Agama.
“Kita harus bersikap sebagai agamawan sekaligus negarawan yang menempatkan kepentingan umat dan bangsa di atas kepentingan pribadi dan kelompok,” ajaknya.

Di tengah cepatnya perubahan sosial dan pesatnya teknologi informasi, menteri juga berharap agar ASN Kemenag menjadi pelayan publik yang dapat diandalkan. Makin tingginya penilaian positif terhadap kinerja Kementerian Agama patut disyukuri. Pasalnya, sebagian besar program telah mulai memenuhi harapan sehingga kinerja kita dianggap cukup baik dalam sejumlah survei. 

Indeks kepuasan jemaah haji terus naik, indeks kerukunan umat beragama juga masih tinggi,
dan indeks reformasi birokrasi kita naik peringkat dari C menjadi B yang berimplikasi naiknya tunjangan kinerja dari 40 menjadi 60 persen.

Beberapa waktu lalu, kata Lukman, juga mendapatkan sejumlah penghargaan seperti penghargaan dari Presiden sebagai penyedia layanan BLU dengan Akses Terjangkau, dan Penghargaan dari Kemenkeu sebagai Kementerian dengan Kontribusi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) terbesar dalam APBN.
“Kita juga mendapatkan penghargaan ganda terkait ekonomi syariah, yaitu sebagai Pemrakarsa Proyek Infrastruktur Berbiaya Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dan Investor Utama Sukuk Negara Domestik,” pungkasnya.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Brebes Imam Hidayat menjelaskan, peringatan HAB Kemenag digelar secara sederhana. Peringatan yang mengusung tema lebih dekat melayani Umat hanya menggelar upacara dan tumpengan serta lomba-lomba yang digelar ditiap madrasah. 

Hadir pada upacara, Kapolres Brebes Luthfi Sulistyawan, Dandim 0713/Brebes Ahmad Hadi Hariono, Kepala Pengadilan Agama Abdul Basir, Asisten I Sekda Brebes Athoillah Syatori, Asisten II Sekda Brebes Moh Iqbal, para mantan pegawai Kemenag dan sejumlah undangan lainnya. tio(r)

Share this article :