Home » , , » SMA Negeri 1 Brebes Peringati Maulid Nabi dengan Khitanan Masal

SMA Negeri 1 Brebes Peringati Maulid Nabi dengan Khitanan Masal

Written By suara rakyat on Monday, January 9, 2017 | 7:25 AM



Brebes, (suararakyattegal.com) – Jerit dan tangis tak terbendungkan dari puluhan anak-anak di ruang UKS SMA Negeri 1 Brebes. Ada yang memanggil manggil orang tuanya ada juga yang hanya melelehkan air mata saja karena menahan malu. Orang tua Mereka yang mendampinginya pun ikut ikutan gugup seraya menahan tangis dan beruhasa menenangkan anak Mereka masing masing. 
Mereka anak-anak seusia sekolah dasar yang sedang menjalani khitanan masal di ruang UKS SMA N 1 Brebes dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2017, Sabtu (7/1) kemarin.
Orang tua Moh Yusuf, Wiharti dari desa Sigempol mengaku gembira setelah anaknya dikhitan. Sebagai orang tua, mengucapkan terima kasih kepada pihak SMA N 1 Brebes yang telah mengkhitankan anaknya.
 “Saya senang, akhirnya anak saya bisa sunat juga,” ungkap Wiharti. 
Kepala SMA N 1 Brebes Winaryo menjelaskan, khitanan masal sengaja digelar selain untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad juga sebagai bentuk kepedulian sekolah kepada masyarakat. Sebanyak 22 anak yang mendaftar tetapi sampai hari H hanya 21 anak saja yang dikhitan karena satu anak mengundurkan diri, dengan alasan masih takut. Mereka berasal dari desa Randusanga, Sigempol, Pasarbatang, Siasem, dan Kauman. “Peserta terbanyak dari Randusanga, sebanyak 13 anak,” ucap Winaryo di dampingi Ketua Komite Abdul Kadir Zaki. 
Winaryo mengaku kesulitan untuk mendapatkan peserta sunatan masal meskipun gratis, mendapatkan baju koko, sarung, peci dan uang saku. “Masyarakat kita masih malu kalau anaknya diikutkan dalam sunatan masal,” tuturnya. 
Namun berkat kerja keras dari dewan guru, komite sekolah, para siswa dan berbagai pihak termasuk guru guru SD, akhirnya bisa mendapatkan peserta sampai 22 siswa. 
Kegiatan ini akan dijadikan agenda tahunan, karena mengandung nilai nilai positif dan membekali para siswa SMA N 1 Brebes untuk saling kasih mengasihi dan belajar berorganisasi. 
Peserta sunatan masal, sebelumnya berkumpul di Islamic center selanjutnya diarak dengan menggunakan odong-odong. Di meriahkan dengan pasukan hadrah, pasukan pengibar bendera dalam suasana yang riang gembira. Disetiap perjalanan juga para guru menebar beras kuning yang berisi uang recehan, sehingga para pengunjung yang datang berebut uang receh menambah suasana menjadi meriah.  
Khitanan massal ditangani tiga dokter yakni dr Al Fian, dr Al Farizi dan dr Fauzi dengan dibantu tiga orang tenaga medis.
Kegiatan ini, selain dibiayai pihak sekolah juga kerja sama dengan Baznas Kabupaten Brebes dan GNOTA Kabupaten Brebes. 
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tingkat SMA N 1 Brebes juga diisi dengan ceramah hikmah Maulid oleh Habib Alwi Assegaf dari Jatibarang Brebes. tio(r)

Share this article :