Home » » Harlah IPNU Ribuan Pelajar NU Arak Panji Panji NU

Harlah IPNU Ribuan Pelajar NU Arak Panji Panji NU

Written By suara rakyat on Tuesday, February 28, 2017 | 12:17 PM



Brebes, (suararakyattegal.com) - Ribuan pelajar NU dan Santri pondok pesantren se Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes mengikuti pawai taaruf dalam rangka peringatan Hari Lahir (harlah) Ikatan Pelajar NU ke-63, Minggu (26/2) kemarin.
Pembina PAC IPNU-IPPNU Ketanggungan Ahmad Fauzan El Azizi mengatakan, dengan membawa panji panji NU sembari membaca sholawat badar, para pelajar dan santri NU mensosialisasikan keberadaan IPNU-IPPNU di Ketanggungan. Mereka menyusuri desa-desa di Kecamatan Ketanggungan dengan mengambil start dari Masjid Baiturrohman desa Dukuhturi dan finish di Masjid Al-Badawi Dukuhtengah Ketanggungan.
“Alhamdulillah, lebih dari 1200 pelajar dengan semangat mengibarkan panji panji NU,” tutur Fauzan kepada NU Online di sela kegiatan.
Usai sholat Dluhur berjamaah, kata Fauzan, mereka berziarah kubur ke makam pejuang dan pendiri NU di Ketanggungan Syekh.KH.Ahmad Badlawi. Juga ke makam salah satu pejuang dan komandan BANSER Pertama Satkoryon Ketanggungan KH Muhammad Zaini Dahlan bin KH.Ahmad Badlawi.
Diharapkan, lewat ziarah para pelajar NU makin memahami sejarah dan sepak terjang perjuangan para ulama NU tempo dulu. Dia melihat, di era kini anak-anak muda makin jarang yang ziarah kubur.
Pelajar NU wajib hukumnya melestarikan tradisi Nahdliyin sehingga tidak lekang ditelan zaman. Para pelajar NU Ketanggungan, menyebut ziarah kubur dengan bahasa kerennya "Nyarkub" dari kata dasar Sarjana Kuburan. “Anak-anak muda NU yang rajin Nyarkub akan lebih mengenal sejarah dan perjuangan ulama pendahulunya dan menjaga ruh  tradisi Aswaja,” ucapnya.
Salah seorang peserta Kirab dari IPPNU Ranting Kubangsari Zahrotun Munawaroh mengaku sangat bahagia karena bisa menjadi bagian dari pelajar NU. Sehingga menambah semangat kader IPNU-IPPNU dan mempererat ukuwah antar sesama pelajar NU se Kecamatan Ketanggungan.
Ketua PAC IPNU Ketanggungan Abdul Azid menambahkan, pawai ta'aruf dan ziarah kubur merupakan salah satu rangkaian Harlah PAC IPNU-IPPNU Ketanggungan.  Agenda lainnya berupa Bhakti Sosial Sunatan Massal dan puncak Harlah dengan pengajian umum.
Pengajian akbar akan diisi Sekjen PW LDNU Jawa Barat yang juga Tim Aswaja Center LTM PBNU DR KH Alawi Nurul Alam Al Bantani MA dari Kota Bandung. Dimeriahkan juga Grup Hadroh Babul Musthofa dari Kota Pekalongan. gofar(r)

Share this article :