Home » , , » Perbaikan Jalan Nasional Jalur Selatan Kabupaten Brebes Macet

Perbaikan Jalan Nasional Jalur Selatan Kabupaten Brebes Macet

Written By suara rakyat on Friday, February 24, 2017 | 9:57 AM



Bumiayu, (suararakyattegal.com) - Kembali wilayah kabupaten Brebes bagian selatan terlihat pemandangan deretan ratusan kendaraan berjejer antrian panjang, pasalnya adanya  perbaikan jalan Nasional ruas Tegal - Purwokerto, tepatnya di jalur Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, sehingga mengakibatkan kemacetan lalu lintas di jalur tersebut
Kemacetan tersebut juga disebabkan adanya kondisi badan jalan sepanjang 7 Km dari wilayah kecamatan Tonjong hingga batas kabupaten Tegal mengalami berlubang, yang saat ini baru dimulai secara bertahap perbaikan dengan pengecoran diwilayah kecamatan Tonjong.
Kemacetan di jalur utama penghubung antara jalur pantura dan jalur selatan pulau jawa ini akibat adanya perbaikan jalan dengan cor beton. Selain itu, adanya pengemudi yang tidak sabar dan saling serobot jalur menjadikan kemacetan makin parah.
“Macet parah, Tonjong - Bumiayu ditempuh sampai tiga jam, ujar Imam Sutejo aktivis pemuda linggapura, Selasa (21/2) kemarin.
Kasatlantas Polres Brebes AKP Arfan Zulkan Sipayung melalui Kepala Pos Lalu Lintas (Poslantas) Bumiayu, Aiptu Sus Gundhi Atmika mengatakan, antreian kendaraan tidak dapat dihindari karena sistem buka tutup yang diberlakukan pada lokasi pengecoran jalan.
Sedangkan volume kendaraan baik dari Tegal maupun Purwokerto terus mengalir sehingga terjadi antrian panjang," ujarnya.
Antisipasi terjadinya kemacetan yang lebih parah, pengguna jalan dihimbau untuk tidak saling serobot mendahului. Terkait dengan perbaikan jalan antara Prupuk-Banyumas, truk lebih dari dua sumbu seperti truk gandeng dan tronton sudah dilarang melewati jalur Ajibarang-Bumiayu-Pejagan. Ada pelarangan tersebut juga karena kondisi kawasan ciregol kecamatan Tonjong yang mengalami ambles beberapa waktu lalu. Kendaraan jenis tersebut dialihkan melalui Wangon-Lumbir-Jawa Barat. 
Sementara itu, dari arah Jakarta, kendaraan berat yang hendak ke selatan diarahkan lewat jalur pantura.
Spanduk dan papan imbauan sudah dipasang di wilayah Ajibarang, Banyumas dan Tegal, agar diperhatikan oleh pengemudi, tandas Gundhi saat ditemui diruang kerjanya, belum lama ini. imam

Share this article :