Home » , » Plt Bupati Launching Pengaduan Masyarakat Melalui Medsos

Plt Bupati Launching Pengaduan Masyarakat Melalui Medsos

Written By suara rakyat on Friday, February 10, 2017 | 7:43 AM



Brebes, (suararakyattegal.com) - Plt Bupati Brebes Budi Wibowo melaunching fasilitas pengaduan dengan menggunakan piranti media sosial. Masyarakat bisa mengadukan berbagai permasalahan yang terjadi di sekitar cukup dengan mengirimkan aduan berupa tulisan atau foto lewat media social. Permasalahan apapun bisa diadukan  ke Bupati, untuk ditindaklanjuti ke opd yang terkait,” kata Budi Wibowo usai membuka rakor Polsoskam jelang Pilkada, di gedung DPRD Brebes, Kamis (9/2) kemarin.
Sekarang, lanjut Budi, segala permasalahan harus direspon secara cepat. Termasuk permasalahan yang terjadi di daerah sekitar bisa diselesaikan. “Kalau kita bisa membantu masyarakat, maka hati kita menjadi plong, dan itu prestasi yang luar biasa,” tegasnya.
Pengaduan masyarakat, lanjutnya disebut dengan sebutan “sambu” atau Sambat Maring Bupati. Layanan ini merupakan kanal bagi aduan masyarakat bias melalui SMS atau WA ke nomor 08164885500 dengan format #lapor (spasi) isi aduan.
Bisa juga melalui Facebook “Dinas Kominfotik Brebes”  format #lapor (spasi) isi aduan. Kalau lewat Instagram “dinkominfotik.brebes” dengan format #lapor (spasi) isi aduan. Juga bisa melalui twitter “pemkab_brebes” dengan format #lapor (spasi) isi aduan.
Mekanisme pengaduan berupa Real Time dengan urutan, Warga mengirimkan aduan melalui kanal yang telah disediakan. Kemudian Admin (Team Teknis) meneruskan aduan kepada Kepala OPD melalui WA. Kepala OPD menjawab melalui WA, selanjutnya Admin menjawab aduan melalui kanal yang digunakan. Admin memberikan laporan harian pada Kepala Dinas dan Kepala Dinas memberikan laporan mingguan kepada Bupati dan Sekda.
Secara Administratif, Warga mengirimkan aduan melalui kanal yang telah disediakan. Admin mengisi  formulir aduan dan melaporkan kepada Kepala Dinas. Kepala Dinas Kominfotik meneruskan formulir aduan kepada Sekda. Sekda menyurati OPD terkait. OPD terkait memberikan jawaban kepada Kepala Dinas Kominfotik, 
Kepala Dinas Kominfotik mendisposisi jawaban OPD, Admin memposting pertanyaan dan jawaban melalui FB,  Admin memberikan laporan harian pada Kepala Dinas,  sedangkan Kepala Dinas memberikan laporan bulanan kepada Bupati dan Sekda. tio(r)



Share this article :