Home » , , » Bupati Idza Optimis Masyarakat Brebes Bisa Makmur dan Sejahtera

Bupati Idza Optimis Masyarakat Brebes Bisa Makmur dan Sejahtera

Written By suara rakyat on Saturday, April 8, 2017 | 12:21 PM



Brebes, (suararakyattegal.com) - Menjadikan masyarakat  Kabupaten Brebes yang berkecukupan, makmur dan sejahtera menjadi target Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE pada masa kepemimpinan periode II.  Untuk itu,  dia terus belajar menanggulangi kemiskinan pada daerah yang terbukti sukses pada problema serupa, antara lain Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 
"Kami berupaya menimba ilmu pada daerah yang didera kemiskinan namun akhirnya bisa melepaskan diri menjadi makmur dan sejahtera," ujar Idza di sela kunjungan kerjanya ke Kabupaten Gunung Kidul di Pendopo Gunungkidul, belum lama ini.
Idza menargetkan angka kemiskinan di Brebes dari 19.74 persen dalam lima tahun mendatang akan diturunkan menjadi 5 persen. Mengaca dengan Kabupaten Gunung Kidul yang kondisi alamnya dipenuhi dengan cadas dan batu kapur saja bisa menurunkan angka kemiskinan.
“Saya yakin, Brebes yang begitu subur makmur dengan potensi alam dan sumber daya manusia yang tercukupi bisa lepas dari jeratan kemiskinan,” tekadnya. 
Kunjungan diterima langsung Bupati Gunungkidul Badingah dan Sekda Gunungkidul Drajat Ruswandono, dan jajaran pejabat setempat lainnya.
Bupati Gunungkidul melalui Sekda dalam ucapan selamat datangnya menceritakan kalau Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan Ibu Kota Wonosari yang terletak 39 km sebelah tenggara Kota Yogyakarta. Organisasi Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berdasarkan Peraturan Daerah No 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Gunungkidul. 
Tidak kalah menarik, selain mendapat dukungan yang kuat dari Pemkab, juga peran Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) sangat mendukung dalam proses penanggulangan kemiskinan. “Syukur, LSM di sini memiliki ide-ide dan turut memperjuangan kelayakan hidup masyarakat namun tidak ngrusuhi, Mereka membantu kerja kami,” ungkapnya.
Kepala Bagian (Kabag) Penanggulangan Kemiskinan Setda Brebes Ratnawati menambahkan, kegiatan studi orientasi di Kabupaten Gunungkidul dimaksudkan untuk menggali berbagai informasi yang terkait dengan penanggulangan kemiskinan. 
Utamanya, kata Nana, demikian panggilan akrabnya, seluruh informasi yang digali sebagai salah satu bahan untuk menyusun Perda penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Brebes.
Nana optimis, penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Brebes bisa tercapai karena 15 OPD terkait akan bahu membahu mewujudkannya. Langkah-langkahnya, tentunya di dahului dengan penerbitan Perda, dan tugas-tugas di masing-masing OPD untuk saling mengeroyok. “Tentu juga, tiga faktor terjadinya karena keturunan, budaya dan mental harus terus diperbaiki,” ungkapnya. 
Kunjungan diikuti oleh 15 OPD terkait, didampingi Staf ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Lely Mulyani, Asisten I bidang pemerintahan dan sosial Athoillah, Asisten II bidang pengembangan perekonomian Moh Iqbal.
Kunjungan diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari kedua belah pihak. tio(r)
Share this article :