Home » , , » 21 Mahasiswa UGM Yogyakarta KKN Di Lereng Kaki Gunung Slamet

21 Mahasiswa UGM Yogyakarta KKN Di Lereng Kaki Gunung Slamet

Written By suara rakyat on Thursday, June 15, 2017 | 10:30 PM



Sirampog, (suararkyattegal.com) - Sebanyak 21 Mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN)  di Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, acara penyambutan  mahasiswa UGM itu digelar di kantor Kecamatan setempat, Senin (12/6) kemarin.
Dalam sambutan Camat Sirampog, Munaedi SH berpesan agar peserta KKN dapat mendorong masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan warga desa yang berada dilereng gunung slamet melalui peningkatan hasil pertanian. Selain itu juga mendampingi pemerintahan desa dalam melaksanakan program-program pembangunan yang sedang berjalan.
Menurutnya, warga desa yang kebanyakan petani perlu dibimbing dalam melakukan usaha pertaniannya sehingga kesejahteraannya bisa meningkat, karena mereka selama ini bertani dengan ketergantungan pada obat kimia, sehingga kondisi kesuburan tanah maupun lahan tidak dapat meningkatkan hasil produksinya.
Ditambahkan Munaedi, perlu diupayakan pertanian yang lebih ramah lingkungan dan hasilnya lebih baik.
“Saya berharap Mahasiswa UGM dengan bekal ilmu yang ada supaya dapat dipraktekan, yaitu dengan ilmu pengetahuan yang aplikatif sehingga dapat dengan mudah diterapkan oleh para petani, sebab petani perlu diajari bagaiman bertani yang ramah lingkungan dan tentunya praktis dan mudah”, ujarnya 
Hal senada kades Dawuhan, Iwan Budi Siswanto juga menyambut dan menerima mahasiswa dengan harapan warganya bisa maju dan sejahtera, namun diingatkan agar mahsiswa menyesuaikan beradaptasi dengan kondisi daerah bersuhu dingin bahkan becuaca ekstrim
Sementara  Dosen pendamping KKN, drh Imron Rosyudi menjelaskan, sebanyak 21 mahasiswa UGM dari beberapa fakultas akan melaksanakan KKN di Dawuhan mulai 21 Juni hingga 4 Agustus 2017 mendatang. Diantara program yang akan diterapkan diantaranya tentang pertanian terpadu dan organic, sehingga tepat mereka melaksanakan KKN di tempat pertanian tersebut. Selain disektor pertanian juga mereka ditugaskan memberikan bimbingan bagi warga terutama peternak untuk pembuatan pakan yang memiliki unsur gizi sesuai kebutuhan ternak, jelas Imron. imam(r)

Share this article :