Home » , , » Jalan Utama Kecamatan Sirampog Brebes Alami Longsor

Jalan Utama Kecamatan Sirampog Brebes Alami Longsor

Written By suara rakyat on Saturday, June 3, 2017 | 11:36 PM



Sirampog,(suararakyattegal.com - Jalan utama menuju Desa Plompong, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, kembali mengalami longsor pada Kamis 1 Juni 2017 Pukul 18.30 WIB. Longsor terjadi setelah hujan deras yang turun sejak siang hari sehingga berdampak  putusnya jalur transportasi ke desa tersebut. 
Kepala Desa Plompong, Fatoni menjelasakan Jalan yang longsor tepatnya di Dukuh Kedungbenter merupakan jalan kabupaten ruas Plompong-Kaliloka. Jalan mengalami longsor dan amblas sepanjang 10 meter dengan kedalaman  dua meterlebih, jelasnya Kamis (1/6) kemarin. 
Dikatakan Fatoni, jalan yang longsor sebelumnya dalam proses pemasangan talud bronjong pada penahan tebing jalan. Karena dilokasi tersebut sudah merngalami amblas, sehingga dilakukan penguatan dengan pembuatan talud pada dua sisinya, namun sebelum rampung dilakukan penguatan dengan pemasangan talud selesai kini amblas lagi, katanya saat ditemui diruang kerjanya, Sabtu (3/6) kemarin. 
Fatoni menambahkan, akibat longsor jalan tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda dua atau lebih. Meski begitu karena melihat kepentingan warganya sehingga pengerjaan talud kembali dilanjutkan pemasangan bronjong dan talud pengaman jalan yang didanai APBD Brebes dengan anggaran Rp 200 juta. Pekerjaan telah berjalan dengan pemasangan bronjong pada Minggu 28/5 lalu yang dilakukan oleh rekanan. 
Tambah Fatoni, pihaknya telah melaporkan kejadian tersebut melalui camat sirampog dan sambil menunggu perhatian dari pemerintah pihaknya melanjutkan pekerjaan perbaikan dengan mengerahkan warganya untuk bergotong royong membuat jalan alternatif darurat. Jalan alternatif  tidak jauh dari jalan utama tersebut dan khusus untuk kendaraan roda dua, agar anak sekolah dan juga warga tetap dapat beraktivitas, ujarnya. imam(r)                                                                        

Share this article :