Home » , » Kucuran Dana APBN Harus Tepat Sasaran

Kucuran Dana APBN Harus Tepat Sasaran

Written By suara rakyat on Saturday, June 10, 2017 | 12:58 PM



Brebes, (suararakyattegal.com) - Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Keuangan RI Sumiyati menaruh perhatian serius terhadap geliat pembangunan di Kabupaten Brebes yang telah menunjukan kearah kemajuan yang signifikan. Termasuk dengan bergulirnya dana perimbangan yang bersumber dari APBN mengucur ke Brebes diyakini mampu mempercepat pembangunan terutama di bidang Pendidikan dan Kesehatan serta Infrastruktur.
“Dana perimbangan baik itu berbentuk hibah, DAK, maupun sumber-sumber lainnya harus kita selamatkan karena berasal dari pajak rakyat,” ungkap Sumiyati saat melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, di ruang rapat Sekda Brebes, belum lama ini.
Kedatangan Sumiyati beserta tim, ungkapnya, bukan untuk melakukan pemeriksaan kepada Pemkab Brebes. Namun untuk melakukan shareng dengan berbagi pengetahuan, pengalaman dan berbagai persoalan yang masih menjadi kendala dalam pengelolaan dana dari APBN.
Dana perimbangan yang pada prinsinya bersumber dari pajak yang dibayar rakyat, maka harus dikembalikan kepada rakyat dengan program nyata secara efektif.  “Masih ada 40 persen yang belum menikmati sececap uang Negara, terutama lewat Kesehatan, Pendidikan dan Infrastruktur,” tuturnya.
Minta masukan jangan sampai orang yang dilahirkan jauh dari kota mengalami kesulitan mengakses pendidikan atau pun kesehatan akibat infrastruktur yang rusak. Bergulirnya dana Desa yang bersumber dari pusat seyogyanya bisa menjadi solusi masalah-masalah pembangunan desa secara langsung.
“Jangan sampai dana desa yang terasa manis itu malah menjadi malapetaka akibat salah kelola,” tegasnya.
Institusinya, kata Sumiyati, tidak punya kewenangan untuk menggelontorkan dana APBN, Kewenangan yang dimiliki hanya pemeriksaan, konsultasi, terhadap pengguna anggaran yang kemudian menyampaikan usulan perbaikan, rekomendasi kepada pejabat yang berwenang.
Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE menyampaikan apresiasi kepada Irjen beserta rombongan yang melakukan kunjungan ke Pemkab Brebes. Sebagai daerah pintu gerbang Jawa Tengah, bertekad mampu mewujudkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sehingga menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Kota Bawang ini.
Berbagai upaya perbaikan di bidang Pendidikan, Kesehatan dan Infrastruktur telah digenjot sejak periode kepempimpinannya. Berbagai kendala tentunya terus diupayakan solusinya, termasuk berkonsultasi dengan Irjen sehingga bisa menyelesaikan persoalan dengan baik.
Diakui Idza, masalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM), kematian Ibu dan anak masih menjadi problema. Meskipun berbagai upaya kongkrit telah diupayakan maksimal.
“Kedatangan Ibu Sumiyati selaku Irjen mudah mudahan menjadi berkah di Ramadhan,” ucap Idza.
Dalam kesempatan tersebut, disampaikan laporan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dikpora) Dr Tahroni, Kepala Dinas Kesehatan Sri Gunadi Parwoko, Kepala DPU Nushy Mansyur. tio(r)
Share this article :