Home » , » Wakapolda Jateng Hadiri Khaul Guru Besar Ponpes Alhikmah Benda

Wakapolda Jateng Hadiri Khaul Guru Besar Ponpes Alhikmah Benda

Written By suara rakyat on Saturday, June 10, 2017 | 1:59 PM



Sirampog,(suararakyattegal.com) - Betapa pentingnya peranan Pondok Pesantren, dalam menjaga dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) karena kemerdekaan yang diraih sekarang tidak terlepas dari peranan ulama dan santri, hal ini disampaikan Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Brigadir Jendral Polisi Drs Indrajit SH, saat menghadiri acara Haul peringatan wafatnya As-Syayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki ke-13 di Pompes Alhikmah desa Benda, Kecamatan Sirampog, Brebes, Kamis (8/7) kemarin.
Menurut Indrajit, kemerdekaan yang kita raih ini tidak lepas dari perjuangan para ulama dan santri. Para Kyai, Ulama dan Santri telah menjadi Soko Guru dan Pelaku Perjuangan. Dan Peran Kyai dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia memiliki andil yang sangat besar, oleh karena itu siapapun dan dimanapun mempunyai kewajiban yang sama untuk membela Bangsa dan Negara Republik Indonesia,” ujarnya. Disela-sela berbuka puasa bersama.
Sementara pengasuh ponpes Alhikmah Benda KH. Labib Sodiq Sukhaemi mengatakan, acara yang digelar pada setiap bulan ramadhan merupakan haul yang ke 13 mengenang Guru besar Asy-Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki.
Asy-Sayyid Muhamad merupakan guru dari KH Labib Sodiq Sukhaemi saat menimba ilmu selama delapan tahun di Mekah, Saudi Arabia.
Menurut KH Labib, sosok As-Sayyid merupakan orang berilmu yang menjadi rujukan segala hal tentang agama, keteladanan dan kepribadianya patut dicontoh. Beliau memiliki banyak guru dan murid di berbagai negara.” Tutur KH Labib lagi.
Ia menambahkan, Murid-murid As-Sayyid yang berasal dari Indonesia telah mendirikan  Ponpes sendiri-sendiri, dan tercatat ada 40 pondok pesantren.
Haul ke-13 As-Syayyid juga bertepatan dengan haul Nyai Ummi Ultatunisa yang merupakan ibunda dari KH Labib Sodiq Sekhaemi. Selain dihadiri Wakapolda Jateng, perwakilan Pemerintah Propinsi Jawa Tengah, juga Kapolres, Dandin serta perwakilan Pemda Kabupaten Brebes, ratusan tokoh ulama dan ribuan santri Ponpes setempat.
Acara yang digelar di Masjid Ponpes Alhikmah Benda sejak siang hari hingga diakhiri berbuka puasa bersama dan dilanjut acara ramah tamah. imam(r)

Share this article :