Home » , , » 72 Orang Calon Haji Kecamatan Bumiayu Selesai Ikuti Manasik

72 Orang Calon Haji Kecamatan Bumiayu Selesai Ikuti Manasik

Written By suara rakyat on Sunday, July 9, 2017 | 12:00 PM



Bumiayu, (suararakyattegal.com) – Seperti yang tertera di rukun Islam yang ke Lima yaitu menunaikan Ibadah Haji, yang wajib bagi umat muslim yang sudah mampu secara finansial, fisik dan aman dalam perjalanan. Sebelum menunaikan ibadah haji harus diberi manasik yaitu untuk menambah pengalaman praktis/pembelajaran praktek langsung tentang tatacara ibadah haji, sehingga calon haji (calhaj) saat tiba ditanah suci dapat menjalankan ibadah dengan baik. Hal ini disampaikan kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bumiayu, Tobiin dalam sambutan penutupan bekal bimbingan manasik di gedung MAN 2 Brebes  Desa Laren Bumiayu, Sabtu (8/7) kemarin.
Kemenag Brebes melalui Kepala KUA kecamatan Bumiayu Tobiin menjelaskan, jumlah calhaj di Kecamatan Bumiayu pada tahun 1438 H / 2017 ini berjumlah 72 orang dan telah selesai mengikuti bimbingan manasik haji yang digelar kemenag selama 6 hari sejak tanggal 3 sampai 8 Juli 2017. Diharapkan bekal ilmu yang didapatkan bisa diterapkan nanti dalam melaksanakan ibadah ditanah suci dengan baik dan menjadi haji yang mahbrur.
Untuk persiapannya, calon haji perlu mendapatkan bimbingan  manasik haji oleh pemerintah melalui Kementrian Agama (Kemenag) RI. Tujuan manasik yang digelar Kemenag RI ini berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang harus dimiliki oleh setiap muslim terutama bagi calhaj, agar kepergiannya untuk menunaikan ibadah haji ditanah suci berjalan lancar, sehingga perlu dibekali dengan pengertian dan pengetahuan yang cukup tentang ibadah haji. Ujarnya. imam(r)

Share this article :