Home » , , » Camat Bumiayu Sambut Peserta KKN Mahasiswa

Camat Bumiayu Sambut Peserta KKN Mahasiswa

Written By suara rakyat on Monday, July 31, 2017 | 5:11 PM



Bumiayu, (suararakyattegal.com) - Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UPM) yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di lima desa diantaranya Desa Adisana, Langkap, Dukuhturi, Pruwatan, Negaradaha, di Kecamatan Bumiayu diharapkan dapat membantu kepala desa (Kades) yang saat ini sedang melasanakan program Pemerintah terutama dibidang pemberdayaan masyarakat. Harapan ini disampaikan Camat Bumiayu, usai acara serah terima Mahasiswa KKN dan Posdaya UPM  untuk empat wilayah kecamatan di Brebes bagian selatan yang digelar di Aula Pendopo 2 Kecamatan Bumiayu, belum lama ini.
Camat Bumiayu Urip Rasidiq SIP dihadapan puluhan mahasiswa khususnya yang akan ber KKN diwilayahnya, dalam pengarahannya selain meminta kepada mereka untuk bisa membantu mensukseskan program-program yang dilaksanakan oleh pemerintahan desa, pihaknya juga meminta agar mahasiswa turut membantu menyadarkan mayarakat dalam arti pendidikan anak dan mendata anak usia sekolah yang bersekolah maupun yang tidak sekolah, harap camat.
Menurutnya, pendataan tersebut sangat penting agar dapat mengetahui sejauh mana kondisi pendidikan masyarakat kabupaten Brebes, kaerena tingkat IPM kapaten Brebes masih sangat rendah, ujarnya.
Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr Anjar Nugroho MSi mengatakan, KKN mahasiswanya di Brebes bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang. Diantaranya, kesehatan, pendidikan, sosial ekonomi dan lainnya.
Dijelaskan sekitar 220 mahasiswa disebar di 4 kecamatan (Bumiayu, Tonjong, Paguyangan dan Sirampog) dan melaksanakan KKN didesa, masing-masing desa sebanyak 11 mahsiswa. Peserta KKN merupakan mahasiswa dari beberapa fakultas, diantaranya kedokteran, pendidikan serta lainnya, sehingga mereka dapat memberdayakan masyarakat sesuai dengan bidangnya, jelasnya.
Anjar menambahkan, KKN mahasiswa UMP di Brebes sebelumnya dilaksanakan pada tahun 1990-an dan baru kali ini kembali dilaksanakan di Brebes. Sebelumnya KKN UMP fokus di wilayah selatan Jawa Tengah, seperti Banyumas, Kebumen dan lainnya. Namun tahun ini Brebes masih sebagai sasaran lokasi KKN mahasiswanya.
Sementara Staf Ahli Bupati Bidang Ekbang, Drs Diding Setiadi yang mewakili Bupati Brebes dalam penerimaan mahasiswa KKN UMP tersebut mengatakan, Kabupaten Brebes akan sangat terbantu dengan adanya KKN mahasiswa UMP maupun mahasiswa universitas lainnya sehingga kabupaten Brebes sangat terbuka dengan adanya KKN mahasiswa untuk dapat peningkatan pemberdayaan masyarakat, ujarnya. imam(r)

Share this article :