Home » , » PDAM Brebes Segera Penuhi Kebutuhan Wilayah Brebes Bagian Selatan

PDAM Brebes Segera Penuhi Kebutuhan Wilayah Brebes Bagian Selatan

Written By suara rakyat on Thursday, July 13, 2017 | 1:08 AM



Tonjong, (suararakyattegal.com) - Pembangunan proyek yang notabene akan dikerjakan yaitu di sumber mata air Tuk Uleng yang berada di Desa Sridadi Kecamatan Sirampog rencana tahun 2019 mendatang sudah bisa difungsikan dan dimanfaatkan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sebagai pemasok air bersih untuk masyarakat Brebes bagian selatan dansekitarnya. Hal ini disampaikan Dirut PDAM Kabupaten Brebes Karmai Widiastuti SE, saat melakukan sidak dan evaluasi di kantor IKK Tonjong Selasa (11/7) kemarin.
Widiastuti, menerangkan proyek tersebut  saat ini masih dalam proses pelelangan oleh dinas pekerjaan umum dan tinggal menunggu amdalnya, selain itu juga kesiapan pendanaannya  oleh pihak Pemda Brebes maupun Propinsi seandainya semua siap dipastikan proyek tersebut awal 2019 bisa selesai.
Sementara Kabag Teknik PDAM Brebes Muflikhin ST mengatakan, sumber mata air yang memiliki debit 1.250 liter per detik ini, rencananya hanya akan dimanfaatkan sekitar 250 liter per detik saja.
Dan untuk pembagiannnya yakni Kecamatan Sirampog hanya 15-20 liter per detik, Bantarkawung 50 liter per detik, Tonjong 25 liter per detik dan sisanya untuk pelanggan di Kecamatan Bumiayu. Debit sejumlah itu,diyakini cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih di 4 kecamatan (Sirampog, Bumiayu, Tonjong dan Bantarkawung,)” katanya.
Menurutnya, langkah awal pihaknya akan membuat broncap atau bak penangkap di dekat sumber dan dan resevoir atau bak pembagi. Reservoir akan dibangun di sekitar alur Sungai Keruh, tidak jauh dari jembatan desa Plompong dengan jarak sekitar sembilan Kilometer.
Lanjutnya, guna mengantisipasi persoalan dikemudian hari, pihaknya telah melakukan musyawarah dengan beberapa element masyarakat maupun forum masyarakat. Dari pertemuan itu menghasilkan kesepakatan diantaranya, PDAM diperbolehkan memanfaatkan Tuk Uleng sebesar 25 %. Dari seluruh debit akan dimanfaatkan Tuk Uleng itu hanya 250 liter per detik, ujarnya.imam(r)

Share this article :