Home » , , » Pengelola Galian C Sungai Pedes Sepakati Tuntutan Warga

Pengelola Galian C Sungai Pedes Sepakati Tuntutan Warga

Written By suara rakyat on Tuesday, August 22, 2017 | 1:39 AM


Photo : Galian C Sungai Pedes

Tonjong, (suararakyattegal.com) - Menindaklanjuti aksi demo warga soal aktivitas galian C yang ada disepanjang Sungai Pedes desa Tanggeran kecamatan Tonjong kabupaten Brebes, yang meminta kepada Pemda agar ditutup kini direspon Camat setempat dengan dilakukan mediasi bersama dinas tekait diruang kantor Camat Tonjong, belum lama ini. 
Camat Tonjong Sumarno SPd  menuturkan, langkah itu dilakukan agar masalah segera tuntas diselesaikan. Dengan adanya pertemuan muncul kesepakatan bersama melalui pemaparan dari pihak Balai Slamet Utara Dinas ESDM Provinsi Jateng tentang dampak kegiatan penambangan yang tidak terkendali terhadap karakteristik sungai Pedes, tuturnya.
Lebihlanjut Sumarno menerangkan, dari hasil pemaparan dan penjelasan yang disepakati bersama menghasilkan beberapa poin diantaranya, sementara kegiatan penambangan tidak boleh lagi beroperasi, segala bentuk kegiatan penembangan harus memiliki ijin, dan akan dibentuk Paguyuban atau BUMDes untuk mengelola usaha penambangan di sungai Pedes tersebut secara manual pada siang hari ternasuk alat angkut tidak boleh masuk kejalur sungai, juga tonase harus dibatasi agar tidak merusak sarpras jalan, serta melibatkan warga sekitarnya tidak boleh melibatkan penambang dari luar wilayah, jelasnya.
Mediasi tersebut dihadiri dari Perwakilan Balai Slamet Utara Dinas ESDM, Dinas PUSDATARU Provinsi Jateng, Muspika Tonjong, Kades Tanggeran, Kades Purwadadi, dan beberapa warga penembang galian C sungai Pedes.imam(r)

Share this article :