Home » , , » Pulau Cemara Obyek Wisata Alam Modern

Pulau Cemara Obyek Wisata Alam Modern

Written By suara rakyat on Tuesday, August 8, 2017 | 11:23 AM



Brebes, (suararakyattegal.com) – Obyek Wisata Pulau Cemara yang tepatnya ada di Desa Sawojajar Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes ini merupakan magnet bagi para pecinta alam yang merindukan suasana pantai dan hamparan hutan Mangrove. Nuansa yang menyediakan keindahan alam ini merupakan hasil sentuhan dari para seniman dan warga setempat yang peduli akan alam.
Awal sebelum ada wisata Pulau Cemara, tempat ini bernamakan Gegara yaitu hamparan pasir di tengah lautan. Dari hasil sentuhan dan kepedulian seluruh warga setempat, tempat ini disulap menjadi obyek wisata yang menakjubkan, hingga dinamakan Pulau Cemara. Sebelum dinamakan Pulau Cemara banyak muncul berbagai perbedaan pendapat tentang nama tersebut, yang notabene kenapa mesti dinamakan Pulau Cemara bukan yang lainnya. Dan setelah dibahas begitu lama antara pendiri, tokoh masyarakat dan tokoh agama sekitar akhirnya sepakat tetap dinamakan Pulau Cemara.
Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wana Lestari yang Ketuai oleh Masfu’i, dengan sekretaris Muhalimah, dan dibantu oleh seniman Sofyan yang biasa dipanggil Cemong ini, telah menyulap Gegara sepajang 5 Km dan lebar sekitar 120 Meter yang dulu gersang dan bersampah kini menjadi obyek wisata yang dikagumi. Masyarakat pecinta alam bisa menikmati pemandangan di sekitar lingkungan Baruna Indah Desa Sawojajar yang rindang hijau dan asrinya pohon cemara di gegara pasir tersebut, berkat kerja keras semua masyarakat yang peduli lingkungan.
Kawasan ini sudah mengajukan pada Dinas Pariwisata Kabupaten Brebes, Pulau Cemara juga sedang melakukan pengurusan proses legalitas TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata) dan asuransi para pengunjung pada instansi terkait.
Wisata Pantai Pulau Cemara bukan hanya menawarkan keindahan pantai dengan hijaunya pohon cemara, namun pengunjung juga bisa menikmati eloknya deretan hutan mangrove di aliran Sungai Coban sepanjang perjalanan menuju Pulau Cemara. Cukup dengan uang Rp 15 Ribu, kita sudah bisa menaiki perahu menuju Pulau Cemara. Pengunjung bisa menikmati langsung pemandangan alam dari dermaga hingga ke Pulau Cemara, dimanjakan dengan satwa alam pantai, kerumunan burung-burung yang berterbangan dan bertengger di ranting-ranting pohon bakau yang menakjubkan, memberikan nuansa yang cukup eksotis.
Tempat wisata yang diresmikan sejak bulan Desember 2016 ini, telah memberikan nuansa keindahan alami mulai dari air sungai yang luas, juga disuguhkan pemandangan pulau burung, dimana terdapat banyak berbagai macam burung bertengger di ranting-ranting pohon sepanjang hutan bakau.
Menurut Sekretaris Pokdarwis Pulau Cemara Muhalimah, Pulau Cemara kini mulai banyak diminati pengunjung baik dari dalam maupun luar daerah Brebes, dan kedepan akan menjadikan pulau ini taman edukasi yang akan menyediakan perpustakaan. Mengingat taman tersebut di tengah laut tetapi sangat aman untuk anak-anak bermain dan berenang-renang, dilengkapi dengan beberapa fasilitas untuk berselfie ataupun berfoto bersama keluarga, teman, saudara dan ramai-ramai dilengkapi dengan bermacam frame untuk kita bisa bergaya dengan kamera. Selain itu, keindahan pemandangan saat matahari terbenam (sunset) di ufuk barat, pantas diabadikan bagi semua pengunjung Pulau Cemara.
Muhalimah menambahkan, fasilitas umum lainnya terdapat pelampung keselamatan, kotak kesehatan, nomor telepon pengaduan pengunjung,  juga tim penyelamat pantai, meskipun belum 100% tersedia. Untuk toilet, mushola dan sarpras lainnya meskipun di tengah laut juga tersedia, warung-warung yang menyajikan makanan sekedar melepas lapar lengkap dengan sajian khas Kota Brebes. Dan kedepan juga rencana akan dilakukan pemasangan Menara Pemantauan, Mettingroom, Pressroom untuk teman-teman wartawan. Jelasnya.
“Pulau masa depan ini bukan warisan, tetapi dipinjamkan sehingga kita harus selalu menjaga” terangnya.
Ketua Pokdarwis Masfu’i mengatakan, bahwa Pokdarwis akan terus berbenah untuk segala sarana dan prasarana di Pulau Cemara ini, dan memohon do’a restu, dukungan, saran serta kritiknya pada semua pengunjung supaya bisa memperbaiki segala kekurangannya, terangnya. belum lama ini.
“Mudah-mudahan semua cita-cita kami untuk meningkatkan mutu pelayanan sedikit-sedikit bisa terealisasikan agar seluruh fasilitas bisa tercapai,” harapnya. tio(r)

Share this article :