Home » , » Bupati Brebes Pimpin Upacara Hari Agraria Nasional

Bupati Brebes Pimpin Upacara Hari Agraria Nasional

Written By suara rakyat on Tuesday, September 26, 2017 | 2:04 AM



Brebes, (suararakyattegal.com) - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE menjadi inspektur upacara peringatan Hari Agraria Nasional ke-57 di Halaman Kantor BPN Jalan Yos Sudarso, Brebes, Senin (25/9) kemarin. Upacara berlangsung khitmad dengan agenda utama pengibaran bendera merah putih. Bupati membacakan sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang Kepala BPN Sofyan A Djalil.
“Undang-undang pokok Agraria lahir dilandasi dengan semangat perjuangan dan semangat kemerdekaan dan semangat persatuan serta kehendak untuk mewujudkaan bumi, air dan kekayaaan alam yang terkandung di dalam bumi Indonesia diperuntukkan bagi kesejahteraan dan kemakmuran seluruh rakyat Indonesia,” demikian antara lain isi sambutan tertulis menteri yang dibacakan Bupati Brebes.
Untuk itu, Reformasi Agraria merupakan program pemerintah, diupayakan segera selesai demi tertibnya administrasi agrarian.
Sampai dengan akhir tahun 2016, lanjut Menteri baru sekitar 45% jumlah bidang tanah yang sudah terdaftar di seluruh Indonesia. Kementerian ATR/BPN melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) bertekad menyelesaikan pemetaan, registrasi dan sertifikasi tanah di seluruh wilayah Republik Indonesia hingga 2025 mendatang.
Jika pada tahun-tahun sebelumnya, target sertifikasi tanah rakyat melalui prona, kurang dari 1 juta bidang per tahun, maka pada tahun 2017 ini targetnya ditingkatkan menjadi 5 juta bidang tanah, kemudian meningkat lagi menjadi 7 juta bidang tanah pada tahun 2018 dan pada tahun 2019 ditingkatkan menjadi 9 juta sertifikat tanah akan diterbitkan.
Dalam Peringatan Hari Agraria yang mengambil tema sertifikat tanah dan penataan ruang untuk kesejahteraan rakyat, dihadiri juga Staf Ahli Bupati bidang SDM dan Kesra Lely Mulyani, para Istri Karyawan ATR/BPN Brebes, para notaris dan undangan lainnya.
Usai upacara, Kepala Kantor Pertanahan kabupaten Brebes Raharjo memotong tumpeng tanda hari ulang tahun dan tumpeng diserahkan kepada Bupati Brebes. tio(r)
Share this article :