Home » , , » Fosil Berumur Jutaan Tahun Dapat Perhatian Gubernur Jateng

Fosil Berumur Jutaan Tahun Dapat Perhatian Gubernur Jateng

Written By suara rakyat on Tuesday, September 26, 2017 | 12:06 AM



Bumiayu, (suararakyattegal.com) - Keberadaan Museum mini Bumiayu Tonjong (Buton)  di Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes, yang pendiriannya merupakan inisiatif dan kepedulian H Rafli Rizal warga Bumiayu yang berisi tentang fosil purbakala ini telah mendapat apresiasi dari Pemerintah Daerah Brebes dan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, baru-baru ini.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, merasa bangga adanya warga yang masih peduli tentang fosil bahkan bisa mewujudkan pendirian museum ini di tempat tinggal pribadi. Hal tersebut yang harus mendapat perhatian dari pemerintah, untuk mengamankan penemuan fosil-fosil serta keberadaannya, dan juga harus mendapat dukungan penuh sehingga bisa dijadikan salah satu asset daerah, yang perlu dikembangkan.
Hal yang sama disampaikan Bupati Brebes, H Idza Priyanti SE mengatakan, keberadaan museum Buton ini harus kita dorong, dan dipikirkan kedepan apakah akan dibuatkan museum ditempat asal penemuannya atau dimana yang akan dikaji secara mendalam. 
Idza menambahkan, museum tersebut merupakan tempat penyimpanan dan memamerkan ratusan benda fosil temuan masyakat disekitar Bumiayu dan Tonjong Kabupaten Brebes, sehingga museum ini dapat dijadikan sebagai tempat edukasi sejarah, sehingga bisa menambah wawasan di dunia pendidikan yang bermanfaat bagi anak sekolah maupun masyarakat pada umumnya, ujarnya saat mendampingi Gubernur Jateng meninjau Museum mini Buton dibelakang SMA Islam Bumiayu, belum lama ini.
Sementara H Rafli Rizal sebagai pemilik museum mengungkapkan, fosil-fosil ini ditemukan oleh para petani di sebuah sungai yang terdapat di wilayah Kecamatan Bumiayu dan Tonjong. Museum mini buton telah dikunjungi beberapa kali oleh peneliti fosil-fosil yang menurut hasil penelitian sudah berumur jutaan tahun. Untuk itu pihaknya memohon kepada Pemda Brebes agar di Bumiayu dibangun sebuah Museum Purbakala untuk menampung ribuan fosil-fosil yang telah dia kumpulkan, pintanya. imam(r)

Share this article :