Home » , » Seluruh Perangkat Desa Ikuti Bintek Profil Desa Dan Kelurahan

Seluruh Perangkat Desa Ikuti Bintek Profil Desa Dan Kelurahan

Written By suara rakyat on Tuesday, September 19, 2017 | 10:14 AM



Bumiayu,(suararakyattegal.com) - Pemerintahan desa berhak mendapatkan akses informasi melalui system informasi desa dan pembangunan kawasan pedesaan yang wajib dikembangkan oleh pemerintah daerah kabupaten / kota. Maka Pemda Brebes melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa harus membekali seluruh perangkat desa melalui bimbingan teknik (Bintek) Profil Desa dan Kelurahan. Hal ini dilakukan karena adanya kendala keterbatasan Sumber Daya Manusia(SDM) maupun keterbatasan ketersedian perangkat penunjang data base seperti (computer, jaringan listrik dan internet). 
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  kabupaten Brebes Rofiq Qoidhul Adzam melalui Kasie Penguatan Jaringan Penanggulangan Kemiskinan Bambang Setiyawan SP menjelaskan, bintek tersebut dalam upaya pelaksanaan pendayagunaan data profil desa/kelurahan diantaranya seperti pendistribusian buku potensi desa, tingkat perkembangan desa dan buku laporan profil desa/kelurahan, mengadakan pelatihan tata cara pengisian data profil, serta melakukan pengadaan form DDK (Data Dasar  Keluarga), jelasnya Senin (18/9) kemarin. 
Lanjut Bambang, hal pokok yang termuat dalam profil desa/kelurahan sesuai Peraturan Menteri (Permen) dalam nomor 12 tahun 2017 tentang pedoman penyusunan dan pemberdayagunaan data profil desa/kelurahan, terangnya. 
Bambang menerangkan, bintek tersebut telah dianggarkan pada tahun 2017 ini yang digelar diseluruh kecamatan se Kabupaten Brebes dengan harapan seluruh perangkat desa dapat membuat pelaporan profil desa yang sebenarnya, harapnya. 
Sementara puluhan peserta bintek dari perwakilan perangkat desa 3 wilayah kecamatan diantaranya (Bumiayu, Tonjong dan Sirampog) diwajibkan membawa laptop dan masing-masing dituntut telah memahami dan siap untuk melaksanakannya. imam(r)

Share this article :