Home » , , » Warga Kecamatan Sirampog Ikuti Pelatihan Tanggap Darurat Bencana

Warga Kecamatan Sirampog Ikuti Pelatihan Tanggap Darurat Bencana

Written By suara rakyat on Monday, September 18, 2017 | 3:58 PM



Sirampog, (suararakyattegal.com) - Upaya pencegahan dini bencana alam Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Brebes menggelar pelatihan tim tanggap darurat bencana dan bakti sosial penanaman pohon, diwilayah Desa Mendala Kecamatan Sirampog. Pelatihan diikuti oleh 100 peserta yang dipusatkan di Aula kantor Desa setempat. 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes, Eko Andalas di hadapan peserta pelatihan mengatakan, bencana alam seringkali datang secara tiba-tiba. Karenanya sebelumnya harus dapat berusaha menanggulanginya dengan cara melestarikan alam, diantaranya dengan penanaman pohon atau penghijauan.sehingga alam tetap terjaga dengan baik  dijelaskan eko bahwa TNI, Taruna Tanggap Bencana (Tagana), BPBD serta Dinsos merupakan komponen utama dalam penanggulangan bencana alam, namun meski begitu tetap harus ada parsipasi dari masyarakat umum, katanya. 
Lanjut Eko, TNI manunggal reboisasi juga sering melaksanakan penanaman pohon penghijauan di wilayah Kecamatan Sirampog, maka Mari kita lestarikan tanaman pohon penghijauan untuk menanggulangi terjadinya bencana alam, ujarnya. 
Menurutnya, wilayah Sirampog merupakan daerah berbukit dan pegunungan yang banyak hutannya, sehingga merupakan sumber penghasil oksigen. Udaranya yang sejuk merupakan paru-paru dunia yang harus tetap terjaga.
“Saya berharap masyarakat juga ikut menjaganya dengan tetap merawat pohon yang telah ditanam agar dapat tumbuh subur”, harapnya.
Acara pelatihan dan bakti sosial tersebut dihadiri dan ikut terlibat langsung dalam kegiatan ini diantartanya , Camat Munaedi SH, Danramil Sirampog, Kapten Cpl Harsono serta dari Dinsos Brebes Slamet Gembira SH, Munasik dari Tagana Brebes, dan Kepala Desa Mendala Ali Murtadlo. Acara diakhiri dengan penanaman 500 pohon lebih, dan pohon yang ditanam diantaranya jati, nangka, durian, petai dan lainnya, di sekitar kantor desa setempat.imam(r)                          

Share this article :