Home » , » Kecamatan Sirampog Buka Penjaringan Perangkat Desa

Kecamatan Sirampog Buka Penjaringan Perangkat Desa

Written By suara rakyat on Sunday, October 15, 2017 | 8:43 AM

Sirampog,(suararakyattegal.com) - Dua Pemerintahan Desa yaitu Desa Batursari dan Desa Benda kecamatan Sirampog kabupaten Brebes melakukan penjaringan perangkat desa secara independen. Penjaringan tersebut dalam rangka mengisi kekosongan tenaga perangkat desa, hal ini dikatakan Camat setempat Munaedi SH saat memantau tes penjaringan perangkat  Desa Batursari yang dilaksanakan diruang kelas SMAN Sirampog. Seleksi Perangkat Desa Batursari dilakukan si SMA Negeri Sirampog, dan  Desa Benda dilaksanakan di Balai Desa setempat, belum lama ini.
 
Camat Sirampog, Munaedi SH mengatakan, pelaksanaan penjaringan untuk pengisian perangkat desa hingga tes seleksi berjalan lancar. Antusiasme warga untuk mengikuti seleksi juga cukup tinggi seperti di Desa Batursari yang jumlahnya sampai 11 peserta hanya untuk satu posisi perangkat.
 
Dijelaskan Munaedi, Selain di dua desa tersebut, seleksi perangkat juga akan dilaksanakan di Desa Kaligiri dan Desa Dawuhan. Kedua desa tersebut juga mengalami kekosongan perangkat dan akan segera diisi melalaui seleksi untuk sama sama mengisi kekosongan Jabatan Kadus. Dan pelaksanaan tes seleksi Perangkat Desa Batursari dan Desa Benda juga dimonitoring oleh staf Kasubag Perangkat Desa Pemdes Setda Brebes, Teguh Honoris berlangsung lancar  cukup baik dan sesuai aturan, jelas Munaedi.
 
Sementara Ketua Panitia Seleksi Perangkat Desa Batursari, Budi Suroso SPd mengatakan, seleksi perangkat dilaksanakan karena ada kekekosongan perangkat desa untuk satu posisi sebagai Kepala Urusan (Kaur) Umum.
 
Diterangkan, saat dilakukan penjaringan ada 19 calon yang mendaftar. Setelah dilakukan verifikasi data ada 12 pendaftar yang lolos, kemudia satu pendaftar mengundurkan diri sehingga tinggal 11 pendaftar yang mengikuti seleksi yang dilakukan oleh tim independen di SMA Negeri Sirampog," terangnya.
 
Lebih lanjut dikatakan, seleksi perangkat dilaksanakan oleh tim independen untuk menjaga netralitas dan juga hasil yang lebih baik. SMA Negeri Sirampog cukup berpengalaman dan sebelumnya pernah dipercaya sebagai lokasi tes seleksi perangkat desa.
 
Dari hasil pelaksanaan seleksi dilakukan dengan beberapa tes diantarnya tes tertulis, komputer, wawancara dan kemampuan berbicara di depan umum. Hasilnya, dari 11 peserta seleksi, Adi Gunawan mendapat nilai tes tertinggi, sehingga dinyatakan lolos seleksi Perangkat Desa Batursari," ucapnya.
 
Sedangkan pelaksanaan, tes seleksi perangkat di Desa Benda yang dilaksanakan tim seleksi di Balai Desa setempat. Ada tiga peserta seleksi untuk mengisi kekosongan Kepala Dusun (Kadus) II. Dari tiga peserta tes seleksi tersebut, Muhammad Noval berhasil lolos seleksi karena mampu mendapatkan nilai tertinggi.imam(r)
Share this article :