Home » , , » Pagelaran Wayang Golek, Ramaikan Acara Sedekah Laut

Pagelaran Wayang Golek, Ramaikan Acara Sedekah Laut

Written By suara rakyat on Wednesday, October 4, 2017 | 10:25 AM



Tegal, (suararakyattegal.com) - Rangkaian kegiatan dalam rangka sedekah laut di Pelabuhan Pelindo Kota Tegal kembali berlanjut, kali ini menampilan pentas seni wayang golek dengan Lakon Adam Awal Adam Akhir yang di bawakan oleh dalang yang juga Bupati Tegal Ki Entus Susmono, Senin (2/10) kemarin.
Sesaat sebelum pagelaran wayang golek ditampilkan sebagaimana disampaikan oleh Plt. Walikota Tegal, Drs HM Nursholeh M MPd, rangkaian kegiatan ini adalah sebagai bentuk dan ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan limpahan berkahnya, “Selamat kepada para nelayan yang sudah melakukan sedekah laut. Ini adalah sebagai bentuk wujud rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rejeki yang melimpah,” Ucap Kang Nursholeh panggilan akrab Plt. Walikota, sembari berpesan terhadap kejadian yang menimpa Kota Tegal dengan Operasi Tangkap Tangan supaya kedepan tidak terulang lagi.
Dalam kesempatan itu Kang Nursholeh juga menyerahkan wayang golek sebagai awal akan dimulainya pagelaran wayang golek tersebut kepada Bupati Tegal Entus Susmono yang juga sahabat karibnya.
Sementara itu dari Panitia Sedekah laut Kota Tegal tahun 2017 yang juga Ketua Koperasi Unit Desa (KUD) Karya Mina Hadi Santoso mengatakan, sedekah laut merupakan simbol ungkapan dan bentuk rasa syukur sekaligus pengharapan para nelayan kepada sang pencipta Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan penghidupan.
“Marilah bersama sama kita mendoakan nelayan Kota Tegal diberi keberkahan. Juga mendapat rejeki yang banyak karena kita tanpa menanam bisa memanen,” ucap Hadi.
Lanjur Hadi, sedekah laut adalah budaya yang turun temurun dari dulu. Ini juga sebagai bentuk sedekah dari para nelayan melalui kegiatan sosial, termasuk hiburan ini juga sedekah hiburan kepada semua.
Kita ambil hikmah dari pagelaran wayang ini, Jangan hanya hiburan nya saja” pungkas Hadi.
Secara umum Pagelaran wayang yang ditampilkan bisa menghibur Kang Nursholeh dan masyarakat setempat, ini bisa dilihat dari senyum dan tawa yang kadang merekah dari orang nomor satu di Kota Tegal ini. gus(r)
Share this article :