Home » , , » Sepuluh Mahasiswa Asing Belajar Gending Jawa

Sepuluh Mahasiswa Asing Belajar Gending Jawa

Written By suara rakyat on Sunday, October 22, 2017 | 7:19 PM

Paguyangan, (suararakyattegal.com) - Sebanyak sepuluh mahasiswa Fakultas Science dan Teknologi Infromatika, asal International Islamic University College Selangor (IIUCS)  belajar memainkan alat musik gamelan. Kegiatan ini dalam rangka pertukaran pelajar dengan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokewrto. Mereka mendapat pelatihan oleh Dalang Ki Suwarto di lokasi Objek Wisata Waduk Penjalin, desa Winduaji kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes, belum lama ini.
Seluruh mahasiswa tersebut sebelumnya telah menyaksikan acara tradisional Grebeg Suronan di Kabupaten Banyumas. Dengan didampingi para dosennya, mereka diajarkan memainkan gending untuk pengenalan bagi pemula dengan nada satu dan enam.
Dalang Ki Suwarto mengatakan, mereka diajarkan pengenalan cara memainkan gending dengan memainkan nada-nada itu secara berulangkali. Tujuannya agar para peserta merasakan dan menghafal setiap karakter bunyi.  
Salah seorang Mahasiswa Yona Natasha mengaku sangat senang dengan kegiatan tersebut. Menurut dia, budaya dan masyarakat Indonesia sangat majemuk. Terutama, masyarakatnya sangat ramah dan bersahabat.
Lebih lanjut Yona mengatakan, dirinya suka dengan music tradisional di Indonesia dan kalau di Malaysia ada gong juga alat musik mirip gamelan. Di sana juga kami punya sekolah khusus yakni Aswara. 
"Memang kita kalau belajar disitu,"katanya.
Sementara, Kepala SMK Maarif NU Paguyangan Mardiyanto S.Ag menuturkan, pihaknya juga ikut menyambut kedatangan mereka, juga memeriahkan acara tersebut dengan membawa 40 siswanya. Turut serta, menampilkan permainan musik tradisional Calungan, tuturnya. imam(r)
Share this article :