Home » , , » Tanggulangi Kecelakaan Satlantas Dan Dishub Brebes Segera Pasang Pembatas Atau Barrier Beton

Tanggulangi Kecelakaan Satlantas Dan Dishub Brebes Segera Pasang Pembatas Atau Barrier Beton

Written By suara rakyat on Thursday, November 9, 2017 | 1:12 PM

Paguyangan,(suararakyattegal.com) - Kerap kali terjadinya kecelakaan lalu lintas dilokasi  Fly over (FO) Kretek, Kecamatan Paguyangan, kabupaten Brebes membuat pemikiran instansi terkait sehingga rencananya FO Kretek akan segera dipasang pembatas atau barrier beton, dengan tujuan untuk mengurangi kendaraan yang kerap mendahului. Terutama ketika melintas jalur FO ini, hal tersebut dikatakan , Kasatlantas Brebes AKP M Rikha Zulkarnain saat meninjau FO Kretek bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jateng dan Kabupaten Brebes, Selasa (7/11) kemarin.
Kasatlantas Brebes AKP M Rikha Zulkarnain mengatakan, pemasangan barrier rencana akan berada di sepanjang sebelum masuk jalur FO. Tepatnya mulai dari Gudang pabrik hingga ke pertigaan Kaligua. Total panjangnya sekitar 800 Meter.
Dia menjelaskan, rata-rata kendaraan ketika melintas FO, kecenderungannya melaju dengan kecepatan yang tinggi. Akibatnya, kata dia, resiko ban selip jadi tinggi yang umumnya menjadi penyebab kecelakaan. Ditambah pengguna jalan, ketika berada di FO banyak yang saling mendahului saat berada di atas FO. Namun ketika turun melihat kesempatan untuk menyalip maka akan mengambil dari lawan jalurnya, jelasnya .
Lanjut dia, semua kelengkapan rambu lalu lintas dan penerangan sebenarnya sudah dipersiapkan, misalkan seperti rambu peringatan. Dia juga menghimbau agar seluruh pengguna jalan agar mematuhi seluruh marka dan rambu jalan yang ada.
Hal senada dikatakan Kasi Teknik Sarana Prasarana Dishub Brebes, M Reza Prisman yang turut meninjau mengakui, dalam waktu 34 hari sejak dibukanya FO dengan jumlah kecelakaan mencapai 15 kejadian, sesuatu yang tidak normal. Maka, kata dia dengan instruksi Bupati Brebes, pihaknya telah melakukan beberapa inspeksi. Sedangkan hasil inspeksi, telah disampaikan ke Forum Analisis Dampak Lalu Lintas yakni soal pemasangan Barrier. Meski begitu, dia menyebut faktor perilaku pengendara menjadi penyumbang terbesar terjadinya kecelakaan.
Menurutnya penyebab kecelakaan itu ada empat, yang pertama perilaku pengguna jalan menyumbang 70 persen, prasarana jalan, lingkungan, dan terakhir dari kendaraan,"jelasnya. imam(r)
Share this article :