Home » , » Seluruh Kepala Desa dan Pamong Kabupaten Brebes Terima Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Seluruh Kepala Desa dan Pamong Kabupaten Brebes Terima Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Written By suara rakyat on Saturday, December 23, 2017 | 2:28 PM

Brebes,(suararakyattegal.com) - Wajah sumringah terpancar dari para Kepala desa dan pamong desa (perangkat desa) se Kabupaten Brebes di Pendopo Bupati Brebes.
Kegembiraan  mereka tampak setelah mendapatkan kartu kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Hal tersebut dilakukan mengingat Kepala desa dan Pamongnya telah memberikan sumbangsih yang tinggi pada pembangunan daerah, terutama didesanya masing-masing.
Untuk peningkatan kesejahteran, mulai November 2017 Pemkab mengikutsertakan Kepala Desa dan Pamongnya dalam program BPJS Ketenagakerjaan, ujar Wakil Bupati Brebes Narjo SH saat sosialisasi, pembagian kartu dan pemberian nilai manfaat BPJS kepada ahli para ahli waris, di Pendopo, Jumat (22/12) kemarin.
Narjo berharap, seluruh Kepala Desa dan Pamong harus semakin meningkatkan kinerjanya dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat di desanya masing-masing. Meskipun baru dua program yang diberikan, yakni program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Pemkab mendorong dan memfasilitasi kepada 3.028 orang Kepala Desa dan Perangkatnya se Kabupaten, terangnya.
Pemkab dan 044/9/17 perjanjian kerja sama dengan bpjs ketenagakerjaan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Sudah dibayarkan Premi sebesar Rp 23.340.060 pada bulan Oktober 2017 namun sudah mendapatkan nilai manfaat Rp 48 juta. Nilai manfaat bagi ahli waris untuk jaminan Kematian kepada Perangkat Desa Kalipucang Jatibarang almarhum Iswanto dan perangkat desa Negarayu Tonjong almarhum Misbahun.
Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Brebes Amrin Alfi Umar menjelaskan, Pemkab Brebes membayar premi Rp 300 juta lebih untuk 3.028 orang Kades dan perangkatnya se Kabupaten dari APBD. Karena kertebatasan anggaran, dari 4 program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun. Namun yang dibiayai Pemkab hanya JKK dan JKM saja.
Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tegal Alpian menerangkan, BPJS Ketenagakerjaan tak sepopuler BPJS Kesehatan. Padahal nilai manfaatnya jauh lebih besar dan menjadi kewajiban seluruh pekerja, termasuk kepala desa dan perangkat desa.
Menyadari besar dan mulianya tanggung jawab tersebut, BPJS Ketenagakerjaan pun terus meningkatkan kompetensi di seluruh lini pelayanan sambil mengembangkan berbagai program dan manfaat yang langsung dapat dinikmati oleh pekerja dan keluarganya.
Kepala Kantor Cabang Perintis (KCP) Brebes Adi Hendarto, menambahkan hingga kini kepesertaan BPJS ketenagakerjaan di Brebes baru mencapai 1.366 perusahaan baik besar, menengah, kecil dan mikro dengan jumlah tenaga kerjanya sebesar 19.174 orang.
Sedangkan untuk klaim kemanfaatan mencapai  3.607 peserta dan sudah terealisir sampai 22 Desember 2017 dengan pencairan sebanyak Rp 16.704.210.220, baik dari program JKK , JKM, JHT dan Jaminan Pensiun.tio(r)
Share this article :