Home » , » Sengketa Tanah Perhutani KPH Pekalongan Dan Pemkab Brebes Berakhir

Sengketa Tanah Perhutani KPH Pekalongan Dan Pemkab Brebes Berakhir

Written By suara rakyat on Tuesday, December 12, 2017 | 10:31 AM

Bumiayu,(suararakyattegal.com) - Persengketaan tanah milik Perum Perhutani KPH Pekalongan Barat dengan Pemkab Brebes kini berakhir sudah, pasalnya masalah tersebut telah ada kesepakatan bersama dengan ditandai pemasangan pancang pal batas di petak 3a, 3e dan 8a RPH Kalinusu BPKH Bantarkawung, hal ini disampaikan Kepala Desa Kalinusu Kaeroni saat ditemui diruang kerjanya, belum lama ini.
Kades Kalinusu Kaeroni menjelaskan, tanah yang dimasalahkan tersebut terkait selisih batas lahan kawasan hutan dengan lahan hak guna usaha (HGU) yang berada didukuh Maribaya desa Kalinusu yang merupakan lahan yang akan dijadikan ladang pengembangan hewan sapi oleh Pemda Brebes dalam upaya melaksanakan program menyokong swasembada daging Nasional, jelasnya.
Dikatakan dari hasil kesepakatan kedua belah pihak awalnya saling mengklaim  kini sudak tidak lagi bermasalah dan berakhir selesai dengan pemancangan tapal batas yang dihadiri Kabid Kawasan Permukiman dan Pertanahan Dinas Perencanaan Kawasan dan Pemukiman, Perencanaan Hutan Wilayah I Perum Perhutani Jateng, Adm Perum Perhutani KPH Pekalongan Barat, dan Muspika Bumiayu, sehingga jelas mana tanah milik perhutani dan tanah HGU. 
Dengan adanya penyelesaian tersebut pihaknya berharap siapapun pengelolanya baik Perhutani maupun Pemkab lahan diwilayah dukuh Maribaya tetap agar dapat digarap untuk kesejahteraan warganya, karena selama ini perekomian maupun mata pencaharian warga tergantung dari hasil menggarap lahan tersebut, katanya.
Sementara Adm Perum Perhutani KPH  Pekalongan Barat,  Setiawan membenarkan adanya kesepakatan bersama dengan Pemkab Brebes dan pemancangan tersebut sudah sesuai karena dari hasil pengukuran bersama Badan Pertanahan Nasiuonal (BPN) dengan Departemen Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Perhutani Jawa Tengah, dengan melalui proses panjang hanya masalah selisih  batas berhasil diselesaikan secara baik, ujarnya. imam(r)
Share this article :