Hari Jadi Kabupaten Brebes Ke 340 Tahun Diadakan Gelar Kirab Budaya - suara rakyat
Home » , , » Hari Jadi Kabupaten Brebes Ke 340 Tahun Diadakan Gelar Kirab Budaya

Hari Jadi Kabupaten Brebes Ke 340 Tahun Diadakan Gelar Kirab Budaya

Written By suara rakyat on Thursday, January 18, 2018 | 10:16 PM

Brebes, (suararakyattegal.com) - Rangkaian acara Hari Jadi Kabupaten Brebes yang ke-340 Tahun, panitia dalam memeriahkannya dengan menggelar Kirab Budaya guna nguri-nguri kebudayaan Indonesia yang adhiluhung. Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menggunakan bahasa Brebesan saat menyampaikan sambutan pada gelaran tahun ini.
"Inyong seneng nemen, mulane syukur karo Gusti Allah yen saiki Brebes wis ngancik umur telungatus patang puluh taun", kata Bupati Hj Idza Priyanti SE MH mengawali sambutannya ketika sampai ditempat Finish Alun-alun Brebes, Kamis (18/1) kemarin.
Bupati selanjutnya menceritakan dalam bahasa Brebesan kalau potensi Brebes sangat unggul dan memiliki daya saing yang tinggi. Untuk itu, perlu ada upaya keras agar bisa sejajar dengan daerah-daerah lain bahkan lebih maju. Harapan tersebut bisa dicapai tidak hanya dari Bupati, pejabat pemerintah kabupaten, tetapi harus ada sinergitas seluruh masyarakat, stake holder, tokoh masyarakat maupun tokoh agama untuk membangun Brebes.
Kirab Budaya, mengambil start dari Gedung DPRD Brebes, jalan Gajah Mada, jalan Jenderal Sudirman, Jalan Slamet dan Finish di Alun-alun Brebes.
Tampak masyarakat terlihat antusias menyaksikan kirab sepanjang rute yang dilalui peserta kirab. Meskipun cuaca panas karena berlangsung dari jam 11.00 hingga 14.00 WIB. Tampak wajah-wajah sumringah dan tersenyum merekah serta sesekali tertawa riang ketika melihat adegan lucu yang ditampilkan peserta kirab.
Iring-iringan kirab, menjadi menarik karena Bupati Hj Idza Priyanti SE MH beserta suami Kompol Drs H Warsidin MH dan Wakil Bupati Narjo SH beserta istri Sri Legiastuti menaiki kereta Kencana sepanjang rute kirab. Juga Ketua DPRD, Forkopimda memakai Kereta Hias serta para Kepala OPD, Camat Kabag, anggota DPRD, BUMD memakai dokar sejumlah 102 buah.
Selain menampilkan batik Karnival, terlihat juga paguyuban sepeda antik PASTI, Serta Tim Kesenian dari 17 Kecamatan, Sekolah dan juga PAPPRI.
Tiap peserta menunjukan aksinya di alun-alun yang disaksikan Bupati dan Wakil Bupati, Forkopimda, pejabat pemerintah dan ribuan penonton juga mendapatkan penilaian dari dewan juri.
Setelah mendapat penilaian yang sangat ketat, akhirnya kirab budaya dimenangkan oleh tim kesenian Kecamatan Tonjong yang menampilkan kesenian Digul.tio(r)
Share this article :