Home » , , » Pemkab Brebes Luncurkan Transaksi Keuangan Berbasis OnLine

Pemkab Brebes Luncurkan Transaksi Keuangan Berbasis OnLine

Written By suararakyat on Tuesday, January 30, 2018 | 4:06 PM

Brebes,(suararakyattegal.com) - Penerapan Elektronik Surat Perintah Pencairan Dana (E-SP2D online) dan Mobile-Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (M-PBB P2) diyakini mampu meningkatkan efesiensi dan transparansi keuangan daerah. Penghematan bisa dicapai antara lain dari waktu, tenaga dan biaya kertas serta lainnya. Juga perkembangan transaksi bisa dilihat langsung sehingga bisa memacu peningkatan kinerja dan akuntabilitas publik.
Demikian disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Brebes Djoko Gunawan, saat dihubungi diruang kerjanya, Selasa (30/1) kemarin.
Lanjut Joko, dengan sistem online, pencairan dana tidak lagi harus datang ke Bank Jateng sebagai mitra dengan membawa berkas hardcopy. Melainkan cukup membuat SP2D pada Sistem Informasi Manajamen Keuangan Daerah (SIMDA) yang dibuat Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan (BPKP) dan akan langsung terkoneksi dengan e-SP2D online di Bank Jateng.
Pimpinan Cabang Bank Jateng M Yuda Negara menjelaskan, saat ini BPPKAD dan Bank Jateng telah melakukan inovasi dalam bentuk kemudahan pelayanan kepada masyarakat Brebes.
Pertama, host to host dengan BPPKAD terkait SP2D Online. Artinya, sistem yang ada di BPPKAD sudah terkoneksi dengan Bank Jateng. Sehingga akan lebih memudahkan dan mempercepat proses pencairan SP2D terhadap mitra atau rekanan dari Pemkab Brebes.
Kedua, M -PBB berberbasis andoid. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat mengakses informasi PBB lewat handphone android. Juga pembayaran PBB melalui Payment Point Online Bank (PPOB).
"Kami telah menyediakan 225 outlet PPOB se Kabupaten Brebes, dan dalam waktu dekat akan kami tambah 300 outlet lagi," terang Yuda.
Disamping itu, pihaknya juga menggandeng PDAM Brebes untuk pembayaran tagihan. "Kami juga ingin memuaskan pelanggan PDAM dalam hal kemudahan pembayaran tagihan," ucapnya.
Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH mengaku bangga dengan inovasi di bidang teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi. Salah satunya yang sekarang sedang didorong yakni e-SP2D dan M-PBB P2, sebuah upaya elektronisasi dalam hal pencairan dana. e-SP2D ini kedepan tidak hanya sekedar efisiensi dan transparansi. Lebih dari itu sebagai penunjang kinerja pembangunan, ujarnya.
Launcing E SP2D dan M PBB P2 ditandai dengan penandatangan MoU dan penyerahan kunci mobil operasional PBB P2 pada Resepsi hari Jadi ke-340 Brebes beberapa waktu lalu. "Upaya diatas, dalam rangka membantu peningkatan PAD dan kinerja ASN Kab Brebes serta mempermudah pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya. Gofar(r)
Share this article :