Home » , , » Karang Taruna se Kabupaten Brebes Peduli Bencana Banjir

Karang Taruna se Kabupaten Brebes Peduli Bencana Banjir

Written By suararakyat on Thursday, February 15, 2018 | 1:56 PM

Brebes, (suararakyattegal.com) - Kumpulan aktivis dan karang taruna dari berbagai desa yang ada di kabupaten Brebes bergabung dalam solidaritas dan aksi peduli bencana banjir yang terjadi di daerah Brebes. Kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan nyata yang dilakukan karang taruna sesuai dengan acuan permensos no.77/HUK/thn.2010. 
Dalam AD ART karang taruna ini ditegaskan bahwa karang taruna adalah organisasi sosial yang berbasis di desa, sudah seyogyanya diapresiasikan di kehidupan bermasyarakat.
Berkumpulnya karang taruna ini juga berfungsi sebagai barometer seberapa aktif dan berswadayanya pemuda pemudi di suatu daerah. Di Kabupaten Brebes sendiri, kegiatan karang taruna ini masih sangatlah minim, dikarenakan pemerintah baik desa maupun kabupaten kurang memperhatikan tumbuhnya organisasi ini, di tambah pula kurangnya rasa solidaritas dan membangun pada kalangan pemuda pemudi di desa masing masing.
Melalui kegiatan peduli bencana banjir ini, sebagai pembangkit rasa kemanusiaan dan kepedulian para pemuda, juga di harapkan sebagai ajang pemersatu karang taruna se kabupaten Brebes ini, yang sudah terlalu lama tidak di aktifkan.
Dimulai dari para aktivis karang taruna desa ini mengumpulkan donasi yang berbentuk uang dan bahan makanan, seperti mie instan, air mineral, pakaian layak pakai dan berbagai macam kebutuhan kesehatan ringan seperti minyak angin, pampers, dan bubur bayi.
Yang kemudian di satukan, akhirnya bisa dikordinasi dan segera di salurkan langsung ke kelurahan limbangan kulon Lkabupaten Brebes, baru-baru ini.
Menurut Hartono selaku ketua umum karang taruna kecamatan Larangan Kabupaten Brebes, kegiatan ini akan sering dilakukan bukan hanya jika ada bencana, namun juga sebagai aksi solidaritas yang bersifat reaksi cepat dan bisa diaplikasikan ke dalam bentuk bantuan RTLH, bantuan stimulan ataupun yang bersifat gotong royong.
Hartono menambahkan, bahwa kegiatan kemarin sudah diikuti sekitar 10 desa dari berbagai kecamatan yang ada di Brebes, diantaranya desa Banjaratma, Wlahar, Siwuluh, Pekauman, Larangan, Cimohong, Kluwut, dusun Kaliancol, dan lainnya.
Harapan para aktivis karang taruna ini adalah dengan seringnya melakukan kegiatan sosial maka akan mendorong mentalitas yang peduli terhadap sesama.aji(r)
Share this article :