Home » , » Pemkot Tegal Segera Bangun Panti Jompo

Pemkot Tegal Segera Bangun Panti Jompo

Written By suara rakyat on Friday, February 2, 2018 | 7:46 PM


Tegal,(suararakyattegal.com) - Pemerintah Kota Tegal berencana membangun Rumah Pelayanan lanjut Usia (Panti Wreda), hal ini disampaikan Plt Wali Kota Tegal, HM Nursholeh  MMPd saat melakukan anjangsana dan sarapan pagi bersama penghuni Rumah Pelayanan Lanjut Usia, di Klampok Kabupaten Brebes, Kamis (1/2) kemarin.
Nursholeh menyampaikan, bahwa Pemerintah Kota Tegal, saat ini tengah mempersiapkan pendirian Rumah Pelayanan Lanjut Usia. Ia merasa memang perlu untuk didirikan Rumah Pelayanan Lanjut Usia, mengingat saat ini Rumah Pelayanan Lanjut Usia di Jawa Tengah masih sangat kurang, hal ini dibuktikan dengan belum adanya panti jompo di setiap kabupaten kota di Jawa Tengah. Berangkat dari keadaan ini, Pemerintah Kota Tegal berkeinginan untuk mendirikan panti Jompo.
NurSholeh menghimbau kepada warga yang memiliki anggota keluarga lansia, untuk dijaga sebaik-baiknya, sebagai bentuk penghormatan kepada orang tua. Namun apabila tidak bisa merawat orang tua,  Rumah Pelayanan Lanjut Usia merupakan tempat yang memadahi bagi warga lanjut usia.
Dimana di dalam Rumah Pelayanan Lanjut Usia warga lansia bisa lebih aktif dengan berbagai kegiatan yang ada, baik itu kegiatan olah raga, keagamaan maupun kegiatan-kegiatan produktif lainnya seperti pembuatan keset, sapu dan lainnya sebagainya, yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan.
Terkait dengan rencana pembangunan Rumah Pelayanan Lanjut Usia, Kepala Dinas Sosial, Dyah Kemala Sinta, di tempat yang sama menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Tegal sudah menyiapkan anggaran untuk Detail Engeneering Design (DED) pembangunan Rumah Pelayanan Lanjut Usia.
Lanjut Dyah, saat ini ada 30 lansia yang berasal dari Kota Tegal di Rumah Pelayanan Lanjut Usia Klampok Brebes. Sesuai arahan Plt Wali Kota Tegal, pihaknya tengah mempersiapkan supaya dibangun Panti Jompo di Kota Tegal. Dan saat ini menurut Dyah, bahwa Pemerintah Kota Tegal tengah menyusun master plann khusus untuk Panti Jompo di Kota Tegal.
"Saya berharap mudah-mudahan kedepan Kota Tegal akan memiliki panti Jompo sendiri". Tegasnya. tio(r)
Share this article :