Home » , » 73 Rumah Rusak Akibat Bencana Alam Tanah Bergerak

73 Rumah Rusak Akibat Bencana Alam Tanah Bergerak

Written By suara rakyat on Thursday, March 1, 2018 | 1:52 PM

Tonjong, (suararakyattegal.com),- Sekitar 49 kepala keluarga (KK) desa Rajawetan Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes yang menjadi korban bencana alam tanah bergerak pada tanggal 22 Februari 2018 kemarin telah mendapat bantuan kemanusiaan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Brebes di aula kantor desa setempat, Rabu(28/2) kemarin.
Ketua PMI Cabang Brebes, H Wahidin Sudja mengatakan, kepedulian ini merupakan wujud nyata PMI dalam progamnya yaitu mengumpulkan dana dan donor darah untuk dikembalikan lagi kemasyarakat, dan diharapkan masyarakat bisa membantu program PMI Cabang Brebes ini.
Dalam program tersebut yaitu ingin melaksanakan program secara profesional, seperti pemberian bantuan kepada korban dengan cepat tanpa birokasi berbelit belit. Agar bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat terkait kebutuhan darurat.
Terlihat dikantor desa, pos bantuan bencana alam dan juga telah terbentuk tim oleh pemdes pada saat awal kejadian bencana.
Kepala desa Rusmoyo menjelaskan, yang telah didata  jumlah rumah korban yang terkena bencana alam sejumlah 73 rumah, rusak berat dan ringan diantaranya 42 rumah. Untuk lokasi yaitu di Dukuh Gembor, Dukuh Babakan dan Dukuh Rajawetan, masing-masing 13 rumah dan di Dukuh Wanayasa sebanyak 5 rumah. Mereka sementara telah diungsikan ketempat aman atau ketempat saudaranya.
Rusmoyo merasa bersukur dan terima kasih, karena masyarakatnya telah dibantu, dan saat ini beberapa bantuan menyusul datang antara lain bantuan dari DPU berupa sembako maupun berupa uang, juga dari beberapa komunitas di wilayah Brebes selatan yang telah beberapa hari melakukan penggalangan dana,
"Saya himbau kepada warga yang rumahnya terancam agar lebih waspada barangkali ada susulan bencanna, ungkap Rusmoyo. imam(r)
Share this article :