Home » , , » Bupati Brebes : Pesisir Pantai Pulo Lampes Target Untuk Dijadikan Pelabuhan Brebes

Bupati Brebes : Pesisir Pantai Pulo Lampes Target Untuk Dijadikan Pelabuhan Brebes

Written By suararakyat on Saturday, March 31, 2018 | 8:11 PM

Brebes, (suararakyattegal.com),- Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH berkeinginan kuat mewujudkan Pesisir pantai Pulo Lampes, Desa Pulogading, Kecamatan Bulakamba dijadikan Pelabuhan Brebes. Keseriusan Bupati disampaikan setelah meninjau calon lokasi Pelabuhan Brebes tersebut di Kluwut dan Pulo Lampes Desa Pulogading, Kecamatan Bulakamba, Sabtu (31/3).
Saya sreg karena Pulo Lampes sangat potensial dan luas, bila dijadikan pelabuhan Brebes, ucap Idza disela peninjauan lokasi.
Namun demikian, lanjut Idza, pendirian Pelabuhan Brebes perlu mengandeng investor mengingat keterbatasan dana yang dimiliki pemerintah kabupaten. Sehingga diharapkan bisa secepatnya terwujud dalam waktu satu dua tahun mendatang.
Tidak perlu menunggu waktu hingga lima tahun kedepan. Kalau kita bisa menggandeng investor dan bantuan pemerintah pusat, Insya Allah Pelabuhan Brebes bisa terwujud, ujarnya penuh yakin.
Menurutnya, masyarakat Kabupaten Brebes sangat merindukan terbangunnya pelabuhan yang representative. Dengan terwujudnya pelabuhan, bisa meningkatkan percepatan transportasi laut dan mendongkrak ekonomi masyarakat sehingga tingkat kesejahteraannya bisa meningkat pula.
Sebelumnya, Bupati juga telah melakukan studi banding di Pelabuhan Batang untuk mewujudkan Pelabuhan Brebes.
Menurut Idza, dalam sejarah  Brebes pernah memiliki pelabuhan Kajongan yang terletak di Randusanga Wetan Brebes. Pelabuhan tersebut menjadi pelabuhan andalan bagi masyarakat pantura kala itu.
Kejayaan Kajongan sebagai pelabuhan andalan pantura, pengin kembali kami bangun meski letaknya tidak lagi di Kajongan, ungkap Idza.
Saat ini, kata Idza, Brebes telah memiliki Pelabuhan Kluwut, tapi masih berkelas C karena hanya sebagai pelabuhan pengumpan lokal.
Padahal pesisir pantai Brebes sangat luas dan strategis untuk pengembangan pelabuhan niaga maupun pelabuhan wisata.
Daerah pantai Brebes sangat panjang lebih kurang dari 34 kilometer yang membentang di lima kecamatan. Potensi ini sangat bagus, untuk pengembangan pelabuhan wisata dan niaga.
Dalam peninjauan calon lokasi pelabuhan, Bupati beserta rombongan meninjau pelabuhan kluwut, dilanjutkan ke Pesisir Pantai Pulo Lampes, Desa Pulo Gading Bulakamba.
Bupati didampingi asisten 1 bidang pemerintahan dan kesejahteran H Athoillah Syatori, Kepala Dinas Perhubungan H Achmad Syatibi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah H Edy Kusmartono, dan pejabat lainnya. tio(r)
Share this article :