Home » , » 430 Nindya Praja Siap Terjun Praktik Lapangan di Kabupaten Brebes

430 Nindya Praja Siap Terjun Praktik Lapangan di Kabupaten Brebes

Written By suara rakyat on Monday, April 23, 2018 | 11:01 AM

Brebes,(suararakyattegal.com),- Sebanyak 430 Nindya Praja dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) diterjunkan ke Kabupaten Brebes guna mengikuti praktek lapangan selama satu bulan. Sebelum melakukan upacara IPDN yang berasal dari Jatinangor ini, meneriakan yel-yel untuk menyemangati para praja. Diiringi gerakan, hentakan kaki serta nyanyian khas IPDN yang dipimpin oleh salah satu ketua mereka. Secara bergantian mereka meneriakan dan memberikan semangat yang begitu menggelegar.
Di depan Wakil Bupati dan para SKPD yang hadir. Mereka diserahterimakan kepada Bupati Brebes oleh Deputi I Bidang Akademis dan Perencanaan Khasan Efendy melalui upacara yang dilakukan di depan pendopo Brebes, Kamis (19/4) kemarin.
Bupati Brebes Idza Priyanti menjelaskan, ratusan praja tingkat dua tersebut dibagi di beberapa kecamatan. "Ada 4 kecamatan yang nantinya akan kedatangan praja IPDN yang melakukan praktek lapangan," jelas Idza.
Empat kecamatan itu yakni Brebes, Jatibarang, Losari dan Larangan. Kemudian di masing-masing kecamatan itu mereka akan dibagi kembali untuk ditempatkan di desa. Di dalam sambutanya “Harapannya agar mereka turut memberikan bantuan kepada masyarakat mengenai permasalahan yang masih terjadi. Seperti bantuan terhadap rumah warga yang tidak layak huni dan masalah kesehatan masyarakat dan berbagai bentuk permasalahan sosial lainnya”. tandas Idza.
Deputi I Bidang Akademis dan Perencanaan Khasan Efendy juga menerangkan hal yang serupa, praja IPDN akan membantu dalam administrasi dan pembangunan fisik. "Mereka sudah dipersiapkan juga untuk bedah rumah, jadi kalau Pemkab Brebes punya program yang sama, itu bisa bersinergi," jelas Khasan.
Praja putra dan putri itu akan terjun dan bergabung dengan lingkungan praktik lapangan masing-masing. Selain di kecamatan, mereka juga akan menempati SKPD di lingkungan Pemkab Brebes.
Setelah upacara selesai, dilanjutkan penanda tanganan dan penyerahan berita acara. Acara ditutup dengan penampilan marching band dari para Nindya Praja. Terdiri atas sekitar 140 personel, mereka menggelar atraksi di depan pendopo.
Atraksi tersebut ditonton oleh ribuan masyarakat Brebes termasuk anak sekolah. Mereka mendapatkan aplaus yang meriah dari penonton yang di antaranya Bupati Brebes, Wakil Bupati dan para SKPD yang hadir. Bupati Brebes juga memberikan apresiasi atas penampilan dari para Nindya Praja. tio(r)
Share this article :