Nikmati Pagelaran Seni Ratusan Warga Padati Lapangan Tegal Selatan - suara rakyat
Home » , , » Nikmati Pagelaran Seni Ratusan Warga Padati Lapangan Tegal Selatan

Nikmati Pagelaran Seni Ratusan Warga Padati Lapangan Tegal Selatan

Written By suara rakyat on Monday, April 23, 2018 | 11:21 AM

Tegal,(suararakyattegal.com),- Ratusan warga memadati lapangan Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, saat digelar acara Pagelaran seni budaya, Sabtu (21/4) kemarin.
Acara juga di hadiri pasangan calon walikota dan wakil walikota Tegal periode 2018-2023 ini sekaligus sosialisasi oleh KPU Kota Tegal terkait pelaksanaan pilkada.
Acara ini juga di meriahkan dengan penampilan tari kuntulan oleh 100 orang pelajar setingkat SMU dari perwakilan sekolah yang ada di Kota Tegal.
Tari Kuntul atau Kuntulan adalah salah satu seni tradisional yang memadukan unsur seni pencak silat dan diiringi dengan rebana dan shalawat. Jadi gerakan Kuntulan ini merupakan perpaduan antara seni Islami dan Jawa kontemporer. Apabila diperhatikan secara detail, tarian ini menggambarkan prajurit yang sedang berlatih bela diri untuk mempertahankan diri. Untuk kostumnya sendiri berwarna putih-putih.
Sebagaimana disampaikan oleh Pjs Walikota Tegal Drs Achmad Rofai MSi yang mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini karena punya arti strtegis.
“Kegiatan ini termasuk dalam rangka sosialisasi dan untuk sukses pemilukada 2018 dimana  ada pemilu legislatif dan presiden. Dan khusus Kota Tegal tepatnya tanggal 27 Juni 2018 juga ada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota, silahkan memilih dengan hati nurani dan sesuai pilihannya, ucap Pjs Walikota di sela sela sambutan.
Pjs Walikota juga menghimbau dan mengharapkan dalam masa pelaksanaan kampanye dan lainnya agar berlaku sportif, kompetitif dan hindari gesekan.
“Jaga kondisifitas dan kenyamanan, siapapun yang terpilih merupakan yang terbaik dan yang terpilih harus bisa mensejahterakan masyarakat Kota Tegal, tutur Pjs Walikota.
Terkait dengan tari kuntulan yang dibawakan oleh para pelajar dalam sosialisasi tersebut Pjs Walikota juga menyampaikan bahwa kita harus menjaga dan mempertahankan budaya untuk anak cucu dimana kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan, pesan Pjs Walikota mengakhiri sambutan. dn(r)
Share this article :