Kirab Pataka Integritas di HUT Kabupaten Tegal ke 417 Tahun - suara rakyat
Home » , , » Kirab Pataka Integritas di HUT Kabupaten Tegal ke 417 Tahun

Kirab Pataka Integritas di HUT Kabupaten Tegal ke 417 Tahun

Written By suara rakyat on Friday, May 18, 2018 | 10:57 PM

Photo : (Dok. Humas)
Slawi,(suararakyattegal.com),- Kalisoka adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini berdiri sejak abad ke 16, tepatnya pada zaman Kesultanan Mataram dipimpin oleh Sultan Agung' di desa tersebut ada sebuah situs sejarah yang merupakan petilasan Ki Gede Honggowono, putra Ki Gede Sebayu  yang kala itu menjabat sebagai Bupati Tegal.
Di Desa tersebut terdapat 2 makam tokoh pendiri Kabupaten Tegal yakni makam Ki Gede Honggowono dan Pangeran Purbaya putra Sultan Agung dari Mataram. Pendiri desa ini sejatinya adalah Pangeran Purbaya sendiri dan beliau diklaim oleh warga sekitar sebagai kepala desa pertama sekaligus menjadi pembuka garis keturunan darah biri yang berkuasa di Kalisoka selama ratusan tahun hingga kini.
Hari Jadi Kabupaten Tegal Ke 417 yang jatuh setiap tanggal 18 Mei telah menjadi momen penting, dimana tanggal tersebut dipatenkan menjadi hari jadi kabupaten Tegal. Dalam moment hari jadi tersebut telah dilakukan dengan Kirab Pataka Integritas.
Kirab Pataka Integritas sebelumnya Rabu (16/05) telah di berikan keperwakilan keluarga besar Kalisoka yang diwakili Bambang Purnama melalui upacara yang penyerahannya di halaman pemerintah kabupaten Tegal di pimpin langsung Pjs Bupati Tegal Drs Sinoeng N Rachmadi selaku inspektur upacara, yang di mulai dari Desa Kalisoka.
Selanjutnya kirab di lakukan mulai dari Kalisoka menuju GBN dan GBN menuju rumah dinas yang selanjunya akan di arak menuju pendopo kabupaten Tegal. tio(r)
Share this article :