Home » , , » Semangat Gotong Royong Merupakan Kepribadian Kita

Semangat Gotong Royong Merupakan Kepribadian Kita

Written By suararakyat on Thursday, May 10, 2018 | 5:06 PM

Tegal,(suararakyattegal.com),- Tradisi gotong royong adalah kepribadian masyarakat kita, masyarakat Indonesia. Lewat gotong royong, pekerjaan berat menjadi ringan, sesuatu yang mustahil bisa menjadi kenyataan yang bisa terwujud dalam waktu yang cepat, murah dan bermanfaat. Untuk itu, gotong royong harus ditanamkan sejak dini melalui proses pendidikan anak-anak.
Kegiatan gotong royong harus dilakukan secara nyata, bukan sekedar wacana, demikian disampaikan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH melalui sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Brebes Narjo SH saat membuka peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XV dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-46 tingkat Kabupaten Brebes di Lapangan Desa Petunjungan, Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes, belum lama ini.
Melalui gotong royong, kata Bupati, juga bisa mempererat silaturahmi, memperlancar komunikasi dan menumbuhkan kemitraan antara masyarakat dengan pimpinannya. Dengan dilakukan secara gotong royong maka hasil usaha bersama tersebut bisa menimbulkan rasa memiliki dan tanggung jawab bersama.
Termasuk pembangunan di Brebes, akan berhasil maksimal kalau didukung jiwa semangat dan perilaku gotong royong seluruh komponen masyarakat, tandasnya.
Potensi lokal Brebes seperti telor asin, bawang merah, pariwisata harus didukung dengan semangat gotong royong yang inovatif. Pariwisata Brebes misalnya, kini tumbuhkembang pesat karena adanya sentuhan gotong royong masyarakat dengan daya dukung kearifan lokal masyarakat setempat, lanjutnya.
Kegiatan BBGRM dan HKG PKK dibuka Wakil Bupati yang ditandai dengan pemukulan kentongan. Dalam kesempatan tersebut, juga dirangkai dengan berbagai kegiatan antara lain pengerukan selokan, bersih-bersih lingkungan serta peresmian Tempat Pengelolaan Sampah Sementara, dan Peresmian PAUD Holistik Integratif Ceria, serta pembagian berbagai macam hadiah perlombaan.
Pasar murah yang digelar perwakilan PKK dan Bumdes dari  17 Kecamatan juga menambah kesemarakan acara. Wakil Bupati didampingi Ketua TP PKK Kab Brebes Ny Sri Legiastuti Narjo memborong beberapa produk lokal yang dijajakan di pasar murah tersebut. Sedangkan masyarakat ramai menyerbu sembako yang dijual separoh harga.
Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati, Forkopimda, Sekda Bebes Emastoni Ezam, Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD, Camat dan undangan lainnya tampak hadir. Mereka juga menyerahkan hadiah berbagai lomba yang digelar PKK maupun Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades).
Wakil Bupati juga melantik kepengurusan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Garuda Desa Grinting Kecamatan Bulakamba, Brebes. Pokdarwis tersebut kini telah menggeliat dengan menawarkan wisata hutan mangrove dan potensi pantai Grinting. tio(r)
Share this article :