Home » , » Sambut Lebaran Posko Kesehatan Kabupaten Brebes Buka 24 Jam

Sambut Lebaran Posko Kesehatan Kabupaten Brebes Buka 24 Jam

Written By suararakyat on Sunday, June 10, 2018 | 9:26 PM

Brebes,(suararakyattegal.com),- Menyambut Lebaran Idhul Fitri 1439 Hijriyah, Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes menyiapkan posko kesehatan diberbagai tempat strategis. Seluruh fasilitas kesehatan dan tenaga medis dikerahkan secara penuh demi memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat pemudik. Posko maupun layanan informasi kesehatan, dibuka hingga 24 jam.
Di 38 Puskesmas, Posko kesehatan siaga 24 jam untuk memberikan pelayanan secara maksimal kepada pemudik, tutur Kepala Kesehatan Kabupaten Brebes dr Sri Gunadi Parwoko MKes melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Edi Puji Harto SH MKes saat ditemui di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu.
Edi menjelaskan, untuk mendukung pelaksanaan program tersebut pihaknya mengerahkan sebanyak 3.217 tenaga medis, para medis dan tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan pemudik.
Personil yang terlibat, lanjutnya, terdiri dari 86 dokter puskesmas, 52 dokter rumah sakit, 30 dokter intership. Juga ada 13 drg puskesmas, 18 drg rumah sakit. Selain itu dikerahkan 496 perawat puskesmas, 612 perawat rumah sakit, 959 bidan puskesmas, 908 bidan rumah sakit. Apoteker juga di siagakan sebanyak 15 apoteker puskesmas dan 27 apoteker rumah sakit. Tenaga lain ada perbantuan dari Saka Bhakti Husada Pramuka dan Banser Husada.
Sarana fasilitas kesehatan lainnya, masih kata Edi, berupa 30 unit ambulan, 55 mobil puskesmas keliling, 38 motor ambulan, 1 unit mobil ambulan PSC 119 dan 6 unit motor ambulan.
Selain Puskesmas, juga dibangun 35 pos kesehatan di berbagai titik. Seperti jalan sepanjang pantura dari perbatasan jawa barat yakni di Sungai Cisanggarung hingga Kaligangsa.
Jalur tengah, dari tol exit pejagan hingga Prupuk, juga fly over Dermoleng hingga Klonengan, Bojongsari perbatasan Ciledug Jawa Barat hingga Jatibarang. Dan juga jalur selatan dari Karang Sawah hingga fly over Kretek hingga Winduaji Paguyangan.
Di dalam tol, juga dibuat Posko Kesehatan tepatnya di rest area KM 252 Pejagan Brebes. Termasuk 11 rumah sakit pemerintah dan swasta diseluruh Kabupaten Brebes disiagakan sebagai Pos Kesehatan.
Adapun layanan yang diberikan berupa pelayanan kegawatdaruratan, pelayanan rujukan, layanan pertolongan pertama. Penyediaan transportasi rujukan pasien ke fasilitas layanan kesehatan. Dan yang tidak kalah penting adalah layanan call center atau Public Safety Center (psc) dengan nomor 119 atau (0283) 672120, 0819119119, atau 081548344415.
Pos Kesehatan, lanjut Edi, dibuka mulai 8-23 Juni kecuali di Pos Kesehatan Rest Area mulai 6-21 Juni sedangkan untuk pos kesehatan di daerah wisata dibuka mulai 16-23 Juni 2018.
Adapun 10 daerah tujuan wisata yang difasilitasi pos kesehatan yakni Pantai Randusanga Indah (Par In) Brebes, Jelajah Mangrovesari Pandansari Kaliwlingi Brebes,Waduk Malahayu Banjarharjo, Dada Blange Cikakak Banjarharjo, Air Panas Cipanas Buaran Bantarkawung, Ranto Canyon Salem, Waduk Penjalin Paguyangan, Air Panas Tirta Husada Paguyangan, Curug Putri dan Curug Cantel Sirampog. tio(r)
Share this article :