Home » , » Akibat Hujan Lebat, Tanah Amblas Sedalam 7 Meter

Akibat Hujan Lebat, Tanah Amblas Sedalam 7 Meter

Written By suara rakyat on Wednesday, July 11, 2018 | 8:19 PM

Bantarkawung,(suararakyattegal.com),- Akses jalan milik desa penghubung warga dukuh Kutalarang ke dukuh Karanganyar desa Waru kecamatan Bantarkawung kabupaten Brebes sepanjang 100 Meter mengalami amblas sedalam 7 Meter.
Amblanya tanah tersebut akibat diguyur hujan besar beberapa waktu lalu, tepatnya di kawasan hutan pinus dukuh Kutalarang, dan hingga kini belum bisa ditangani dengan anggaran Dana Desa (DD), hal ini disampaikan kades Waru melalui sekdes Sarmad, saat ditemui diruang kerjanya Rabu (11/7) kemarin.
Sekdes Waru Sarmad mengungkapkan, akses transportasi warga pedukuhan tersebut hingga kini belum dapat diperbaiki oleh pihak Pemdes, karena harus dimusyawarahkan terlebih dahulu. Selain itu kondisi lokasi tersebut sangat parah dan medan yang sangat berat untuk diperbaiki, kemungkinan harus dilakukan pemindahan lokasi atau relokasi ketanah yang tidak labil, terangnya.
Lanjut Samad, sementara aktivitas warga yang sebelumnya menggunakan jalan tersebut kini melalui lahan Perhutani secara trabas yang hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki dan kendaraan roda dua. Dengan kondisi itu pihak Pemdes tetap akan menangani dan memperhatikan akses jalan tersebut, sebab jalan itu sebagai sarana transportasi perekonomian dan perdagangan serta pendidikan warga pedukuhan itu. Dengan menggunakan anggaran DD pada tahun berikutnya itupun harus ada musyararah desa setelah menentukan lokasi pengganti jalan yang amblas, tersebut jelasnya.
Diakui geografis desa Waru ini di dataran tinggi yang gersang dan paling terpencil, dengan perbatasan wilayah kabupaten Cilacap. Sarana insfrastrukturnya masih perlu mendapat perhatian Pemerintah, pungkas Sarmad. imam(r)
Share this article :