Home » , , » Desa Winduaji Kabupaten Brebes Siap Kembangkan Potensi Alam Sebagai Desa Wisata

Desa Winduaji Kabupaten Brebes Siap Kembangkan Potensi Alam Sebagai Desa Wisata

Written By suara rakyat on Tuesday, July 3, 2018 | 7:29 PM

Paguyangan, (suararakyattegal.com),- Pemerintah Desa (Pemdes) Winduaji kecamatan Paguyangan kabupaten Brebes siap kembangkan potensi alam dan sebagai desa wisata di kabupaten Brebes bagian selatan, sehingga untuk bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, hal ini dikatakan Pj kepala desa (Kades) setempat  saat ditemui diruang kerjanya, Senin (2/7) kemarin.
Kades Winduaji Seger PRS mengatakan, desa Winduaji salah satu desa dengan geografi perbatasan dengan kabupaten Banyumas memiliki panorama alam yang sangat potensial untuk dikembangkan sebagai tempat lokasi obyek wisata yang tidak kalah dengan potensi alam yang ada didaerah lain. Hal itu dilihat karena memiliki waduk yang berada didukuh Petuguran sebuah waduk buatan Belanda.
"Ini bernama Waduk Penjalin dikelilingi oleh perbukitan dengan panorama pegunungan yang masih alami, selain waduk juga terdapat beberapa tempat yang bisa dijadikan lokasi wisata, seperti wisata Sirah, Tepak Siring didukuh Petuguran, wisata Potensi Kopi, di dukuh Karanganyar dan wisata Edukasi Taman Jamur dilokasi waduk Penjalin. Dimana wilayahnya dikenal sebagai kuliner ikan betutu, yang berprotein tinggi, kopi yang memiliki rasa khas, dan kerajinan asesoris wayang", terangnya.
Dijelaskan Seger, dalam pengembangan potensi tersebut  butuh dukungan masyarat dan pemerintah dan hasilnya nanti bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten Brebes. Adapun semua lokasi wisata tersebut dikelola oleh kelompok sadar wisata (pokdarwis) setempat, sedangkan pihak pemdes hanya dapat memfasilitasi insfrastruktur dengan anggaran yang diambil dari Dana Desa (DD). Diantaranya dengan membuat akses jalan menuju lokasi, serta insfrastruktur lain yang dibutuhkan, jelas Seger.
Lanjut Seger, pengembangan ini telah mendapat dukungan dari pihak Pemda Brebes bahkan desa Winduaji  bisa mewakili ditingkat kabupaten untuk tampil lomba desa wisata se Jawa Tengah (Jateng) dan dalam waktu dekat ini sekitar 34 desa se Jateng akan dilombakan di Unggaran dengan harapan paling tidak desa Winduaji sebagai desa wisata bisa dikenal, serta dapat dikunjungi oleh masyarakat Jawa Tengah maupun seluruh Indonesia untuk datang menikmati wisata tersebut, pungkasnya. imam(r)
Share this article :